Cara Pendaftaran Penerimaan CPNS 2017 Terbaru

Cara Pendaftaran Penerimaan CPNS 2017 Terbaru

Cara Pendaftaran Penerimaan CPNS 2017 Terbaru

Cara Pendaftaran Penerimaan CPNS 2017 Terbaru

Cara Pendaftaran Penerimaan CPNS 2017 Terbaru – Dalam upaya menyediakan lapangan pekerjaan untuk masyaraat, tahun ini Pemerintah telah membuka Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (Lowongan CPNS). Tentu langkah pemerintah untuk mengadakan seleksi masuk CPNS ini bukanlah tanpa alasan, karena memang ada beberapa Instansi pemerintah yang memang sedang membutuhkan tenaga kerja atau SDM baru yang tentunya kompeten. PNS atau Pegawai Negeri Sipil adalah pegawai yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri, atau diserahi tugas negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku (Wikipedia). Oleh karena itu untuk menjadi PNS tidaklah dapat diraih dengan mudah.

Menjadi seorang PNS merupakan impian banyak orang terutama masyarakat Indonesia. Disamping pekerjaan seorang PNS yang dinilai tidak begitu memberatkan, gaji dan tunjangan seorang PNS yang besar juga menjadi daya tarik masyarakat untuk berbondong bondong mengikuti ujian masuk PNS. Semenjak pergantian pemimpin negara, sudah lama sekali tidak ada seleksi penerimaan CPNS di Indonesia ini. Hal tersebut dikarenakan presiden bertujuan untuk penghematan SDM dan mengefektifkan kinerja dari SDM Pegawai Negeri Sipil yang saat ini menjabat. Nah saat inilah kesempatan bagi teman teman sahabat surat semua yang ingin mencoba untuk mengadu keberuntungan menjadi seorang PNS, maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Karena saat ini ada dua instanti besar pemerintah yang sedang membuka Lowongan PNS yang dimana lowongan PNS ini bukan hanya berlaku untuk S1 namun juga SMA-SMK sederajat. Adapun dua instansi pemerintah yang membuka lowongan PNS adalah Mahkamah Agung dan juga Kementrian Hukum dan HAM dengan total 19.210 posisi kosong yang memungkinkan untuk diisi calon pelamar kerja. Jumlah ini dibagi menjadi dua klasifikasi yaitu SMA dan S1, untuk SMA tersedia posisi kosong sebanyak sekitar 14.000 orang. Sedangkan sisanya adalah untuk lulusan Sarjana Hukum, Sarjana Syariah dan Sarjana Hukum Islam. Jadi dapat dipastikan bahwa tahun ini para pencari kerja tingkat SMA akan banyak yang berkurang karena masuk dan menjadi PNS. Namun perlu teman teman Dewa-surat ketahui bahwa untuk lulusan SMA yang ingin mengikuti seleksi CPNS ini haruslah memiliki ilmu dan menguasai komputer.

Pada kesempatan kali ini, Dewa-surat akan mengulas tentang Cara dan Prosedur sSeleksi Penerimaan CPNS 2017 yang pastinya akan membantu teman teman sahabat surat yang ingin mencoba mengikuti seleksi CPNS tahun ini.

Cara dan Prosedur Seleksi Penerimaan CPNS 2017

  1. Peserta wajib mengikuti registrasi online cpns di https:sscn.bkn.go.id, yang dimulai pada hari selasa 1 agustus 2017 – Sabtu 26 Agustus 2017.
  2. Peserta harus mengisi Form sesuai dengan KTP. Jangan lupa untuk menyimpan username dan password anda.
  3. Ujian CPNS akan diselenggarakan dengan menggunakan siste, CAT (Computer Assisted Test). Ujian CAT ini berlangsung di 30 lokasi sesua yang dilamar oleh pelamar kerja.
  4. Setelah itu peserta akan mendapatkan kartu registrasi. Kemudian, peserta harus menaruh Surat Lamaran Kerja dengan dilengkapi lampiran kartu registrasi tadi dan ditujukan kepada Sekretaris Mahkamah Agung dan jangan lupa menyertakan materai 6000.
  5. Fotocopy KTP yang masih aktif serta fotocopy ijazah dan transkip nilai yang berlegalisir.
  6. Untuk pelamar umum dan pelamar dari Papua dan Papua Barat sertakan pula Surat keterangan sebagai bukti yang menunjukkan bahwa pelamar yang bersangkutan memiliki study yang terakreditasi minimal B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT). Untuk yang cumlaude, harus melampirkan Surat Keterangan yang menunjukkan kampus swasta ataukah negeri terakreditasi A.
  7. Lampirkan pula foto 3×4 sebanyak 4 lembar ber background merah dan tuliskan nomor registrasi dibalik foto yang teman teman sahabat surat lampirkan.
  8. Masukkan pula seluruh Berkas Lamaran Kerja (CV, Surat Lamaran, SKCK, Surat keterangan sehar, sertifikat serta dokumen pendukung lainnya) pada satu draft yaitu pada amplop warna coklat besar. Jangan lupa untuk menempelkan potongan nomor pendaftaran registrasi online disudut kanan atas amplop.
  9. Silahkan kirimkan berkas lamaran teman teman ke Panitia Seleksi Penerimaan yang alamatnya bisa teman teman tanyakan pada panitia penyelenggara.

Tahapan atau Prosedur seleksi CPNS adalah sebagai berikut:

2-31 Agustus 2017 (Seleksi Administrasi), diumumkan pada 5 september 2017

18-22 September 2017 (Seleksi SKD dan SKB), diumumkan pada 28 september 2017

4-7 Oktober 2017 (Tes materi, Psikotes, Wawancara Kerja dll), diumumkan pada 31 Oktober 2017.

Demikian ulasan tentang Cara dan Prosedur Seleksi Penerimaan CPNS 2017 yang telah selesai Dewa-surat ulas. Dikarenakan seleksi CPNS merupakan acara yang akbar maka peraturan diatas tidaklah bersifat pasti dan dapat berubah sesuai dengan keadaan di lapangan nanti. Namun meskipun berubah, perubahan pelaksanaan seleksi PNS tidaklah jauh merubah konsep diatas. Terimakasih telah mengunjungi Dewa-surat. Semoga bermanfaat.

 

Cara Pendaftaran Penerimaan CPNS 2017 Terbaru | admin | 4.5