Contoh Surat Pernyataan Pembayaran Uang Muka

Contoh Surat Pernyataan Pembayaran Uang Muka

Contoh Surat Pernyataan Pembayaran Uang Muka

Contoh Surat Pernyataan Pembayaran Uang Muka

Contoh Surat Pernyataan Pembayaran Uang Muka – Selamat sore sahabat surat, ketemu lagi kita di website yang bermanfaat bagi kita semua dewa-surat.com. Bagaimana keadaan sahabat-sahabat semua? semoga selalu sehat and always in god’s protection ya sahabat-sahabat surat semuanya. Pada kesempatan yang berbahagia ini, Dewa-surat ingin mengajak sahabat-sahabat untuk menambah lagi wawasan dan pengetahuan sahabat sahabat tentang surat yaitu Contoh Surat Pernyataan Pembayaran Uang Muka. Sahabat sahabat semua mungkin sudah sering dengar tentang pembayaran uang muka, uang pembayaran dimuka, uang tanda jadi, uang kesepakatan ataupun istilah lainnya. Pada dasarnya tidak ada yang berbeda dari istilah istilah yang disebutkan diatas, meskipun berbeda beda sebutan dan istilahnya namun pengertian tentang pembayaran uang muka ini adalah sama.

Pembayaran dimuka adalah ketika seseorang (kita sebut saja pihak pertama) dan seseorang lagi (kita sebut pihak kedua) sedang melakukan transaksi atau kesepakatan tentang jual belu barang ataupun jasa. Namun biasanya yang sering menggunakan contoh kwitansi tanda terima pembayaran adalah transaksi jual beli barang, entah disadari ataupun tidak kita pasti pernah bahkan sering menggunakan transaksi dengan sistem pembayaran uang muka. Tanpa ataupun dengan menggunakan contoh surat pernyataan menerima uang ketika sahabat sahabat semua membayar barang yang sahabat beli namun tidak secara cash melainkan dengan cara dicicil pastinya pernah dan pasti menggunakan sistem pembayaran uang dimuka.

Intinya ketika saya atau sahabat sahabat semua melakukan sejumlah pembayaran atas pembelian sebuah barang dan pembayaran tersebut bernilai beberapa persen dari jumlah harga yang disepakati, maka itulah yang disebut dengan uang tanda jadi atau uang panjar dalam jual beli. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa uang tanda jadi atau uang muka bisa menggunakan contoh surat pernyataan serah terima uang ataupun tanpa menggunakan surat perjanjian tergantung kesepakatan pihak pertama dan kedua. Namun akan lebih aman apabila uang tanda jadi atau uang muka disepakati dengan sebuah surat karena peraturan yang mengikat bisa disebutkan dengan jelas sehingga meminimalisir terjadinya salah komunikasi antara pihak pertama dan kedua.

Banyak yang bertanya apakah uang dp bisa kembali? bagaimana hukum uang muka hangus apabila terjadi pembatalan jual beli tanah oleh penjual? perlu sahabat sahabat ketahui bahwa uang tanda jadi hangus bisa terjadi ataupun bisa ada dalam sebuah perjanjian jual beli, namun tidak semua proses jual beli menggunakan sistem seperti itu. Untuk itulah sangat penting bagi sahabat sahabat mengetahui secara jelas tentang surat pernyataan pembayaran uang muka ini agar tidak terjadi kesalahan ketika melakukan pembelian sebuah barang karena biasanya yang menggunakan surat perjanjian pembayaran jual beli ini merupakan pembelian barang dengan jumlah nominal yang besar jadi akan sangat dirugikan apabila terjadi uang muka sahabat sahabat hangus dan menjadi milik penjual.

Nah agar tidak bingung lama lama, silahkan sahabat baca mengenai Contoh Surat Pernyataan Pembayaran Uang Muka yang akan Dewa-surat paparkan dibawah ini. Yang pertama harus sahabat sahabat pahami adalah tentang contoh format surat tanda terima uang, karena termasuk salah satu surat yang penting, penulisan surat pembayaran tanda jadi juga memiliki aturan, langsung saja lihat dibawah ini tentang format penulisan surat pembayaran uang muka:

  1. KOP Surat
  2. Title Surat
  3. Nomor Surat
  4. Nama Pembayar atau Pihak Pembeli
  5. Jumlah Uang (ditulis dalam nominal angka)
  6. Jumlah Uang Terbilang (ditulis dalam nominal huruf)
  7. Perihal Pembayaran Barang
  8. Spesifikasi Barang (Jika tanah maka yang ditulus adalah alamat tanah/bangunan secara lengkap)
  9. Keterangan (Hal inilah yang perlu sahabat sahabat perhatikan dengan seksama)

Nah 9 poin diataslah yang harus ada dalam sebuah Surat Pernyataan Pembayaran Uang Muka, jika salah satu poin tidak masuk biasanya akan langsung dijadikan satu dengan yang ada dalam poin keterangan. Untuk itu sangat penting bagi sahabat sahabat untuk memperhatikan poin keterangan karena dalam poin tersebutlah biasanya dituliskan apa saja yang bisa membuat uang tanda jadi yang sudah sahabat bayarkan bisa hangus dan menjadi milik penjual.

Agar sahabat sahabat lebih bisa tahu lebih jelas lagi tentang penampakan surat pernyataan pembayaran uang muka ini, Dewa-surat sudah sediakan dibawah ini Contoh Surat. Yuks langsung dilihat saja:

Contoh Surat Pernyataan Pembayaran Uang Muka

TANDA TERIMA

PEMBAYARAN UTJ (Uang Tanda Jadi)

 

No. UTJ – 0000X

Telah terima dari

Tuan/Nyonya/Sdr/Sdri  ………………………………………………………………………………………………………….

Uang Sejumlah             RP. ……………………………………………………………………………………………………

Terbilang                     :

Untuk Pembayaran       :

Uang Tanda Jadi pembelian 1 unit Ruko

Di Jalan             ……………………………………………….

Desa                  ………………Kec …………………………

Kota/Kabupaten ………………………………………………..

Keterangan:

  • Tanda Terima ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari SPRS (Surat Pemesanan Ruko Sementara)

No. ………/ ………../ ………/ ……… Tanggal …………………………………………

  • Apabila terjadi pembatalan transaksi dengan alasan apapun, UTJ ini tidak bisa dikembalikan dan sepenuhnya menjadi hak Penjualan yaitu PT. Bumi Patriot Nusantara sebagai sanksi pembatalan.
  • Selambat-lambatnya dalam waktu 14 hari sejak pembayaran UTJ ini, pembeli harus datang ke kantor pemasaran untuk menanda tangani SPPJB (Surat Perjanjian Pengikatan Jual Beli) sekaligus membayarkan angsuran uang muka ke-1
  • Apabila pembeli lalai menjalankan kewajiban penandatanganan SPPJB tersebut, maka segala hak dan kewajiban yang tertulis dalam SPPJB tersebut secara otomatis tetap berlaku dan mengikat penjual dan pembeli.

 

 Apabila teman teman sekalian masih bingung juga hehe, Dewa-surat juga menyediakan link donwload jadi bisa teman teman copas surat pembayaran uang muka ini, langsung saja download Contoh Surat Pernyataan Pembayaran Uang Muka.

Tibalah kita di penghujung pembahasan kita hari ini hehe, namun tenang saja sahabat sahabat surat, dewa-surat pasti hadir lagi dengan menyediakan contoh surat yang bermanfaat untuk teman teman semua. Demikian ulasan tentang Contoh Surat Pernyataan Pembayaran Uang Muka yang sudah Dewa-surat sediakan, semoga ulasan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan teman teman semua, akhir kata terimakasih telah mengunjungi Dewa-surat.com, semoga bermanfaat.

Pencarian Paling Populer :

/* */