Contoh Surat Undangan Istigosah

Contoh Surat Undangan Istigosah

Contoh Surat Undangan Istigosah

Contoh Surat Undangan Istigosah

Contoh Surat Undangan Istigosah – Selamat pagi sahabat surat semua, kebetulan masih masuk bulan puasa nih admin mau mengingatkan kepada sahabat sahabat semua untuk selalu berbuat kebaikan dimanapun sahabat berada. Jadilah bermanfaat untuk orang-orang yang ada disekeliling sahabat semua dan semoga ibadah kita selalu diganjar dengan keberkahan. Udah cukup ya tausyiah singkatnya dari Dewa-surat hehe.

Nah karena ini bulan puasa dan admin sudah ngasih tausyiah, rasa rasanya bakal gak nyambung banget kalau ulasan yang akan kita bahas nggak berhubungan dengan suatu kegiatan ibadah ataupun religi hehe. Kira kira surat apa ya yang berhubungan dengan kegiatan peribadahan?

Yaps bener banget sahabat surat, kali ini Dewa-surat akan mengulas tentang Contoh Surat Undangan Istigosah. Mayoritas masyarakat Indonesia adalah beragama Islam, bagimana tidak sekitar 87% penduduk indonesia adalah seorang muslim sehingga tidak mengherankan apabila acara istigosah sering dilakukan dibeberapa daerah yang ada diseluruh Indonesia karena memang umat muslim tersebar luas ke seluruh pelosok indonesia tercinta ini.

Apalagi di bulan ramadhan seperti ini, pasti banyak pengajian pengajian maupun tausyiah yang diselenggarakan dalam rangka mengisi bulan penuh berkah ini dengan kegiatan yang positif. Itu dia salah satu alasan admin ingin mengulas tentang surat undangan istigosah barang kali bisa bermanfaat dibulan yang penuh rahmat ini. Aamiin ya robbal alamin.

Oke sebelum kita masuk ke isi pembahasan kita saat ini, silahkan sahabat sahabat pahami beberapa hal dibawah ini mengenai acara istigosah :

  • Acara istigosah bukan hanya satu macam saja

Ada undangan istigosah wali murid yang biasanya ditujukan untuk memanjatkan doa untuk putera puteri dari wali murid yang akan menghadapi ujian agar diberikan kelancaran. Ada pula undangan istigosah untuk meminta rizki dari Allah, biasanya diselenggarakan ketika sebuah daerah sudah lama tidak turun hujan sehingga seluruh hasil bumi masyarakat terancam gagal panen. Ada istigosah tiap akhir tahun biasanya diselenggarakan setelah lebaran sebagai salah satu bentuk atau wujud introspeksi diri atas dosa dan kesalahan yang dilakukan setahun terakhir baik yang disengaja maupun tidak sengaja. Ada istigosah untuk acara pernikahan yang diharapkan pernikahan nantinya akan dilancarkan mulai dari peroses hingga mempelai menjalin rumah tangga. Selain beberapa contoh diatas tentu masih banyak contoh istigoah yang tidak bisa admin sebutkan semuanya karena keterbatasan tenaga dan informasi.

  • Istigosah tidak dilakukan sendiri melainkan berjamaah. Hal ini dikarenakan selain untuk memanjatkan doa, istigosah juga bertujuan untuk mempererat tali silaturrahim antar saudara seiman yaitu umat muslim yang satu dan lainnya.
  • Setelah acara istigosah selesai biasanya akan dilanjutkan dengan acara syukuran. Biasanya acara syukuran ini tergantung jenis istigosah yang diamalkan. Apabila istigosah untuk acara pernikahan, maka syukuran ditanggung oleh pihak pengantin namun apabila istighosah yang dilaksanakan pasca lebaran sebagai bentuk introspeksi diri, maka syukurannya akan ditanggung seluruh warga.
  • Isi dari acara istigosah adalah dzikir, tasbih serta doa doa meminta ampunan dan keberkahan kepada Allah SWT. Selain itu ada juga beberapa istigosah yang juga melantunkan sholawat diiringi dengan alunan rebana yang ditujukan untuk nabi besar Muhammad Sallallahu Alaihi wassalam.
  • Meskipun memakan biaya yang tidak sedikit, namun mayoritas muslim sangat menyukai amalan istigosah karena selain untuk meminta rahmat dan ampunan, istigosah juga merupakan salah satu bentuk atau wujud rasa syukur atas nikmat Allah Subhanallahu Wa Ta’ala
  • Acara istigosah bukanlah seperti acara pernikahan atau sunatan yang membutuhkan undangan pernikahan untuk memberitahu jamaah tentang pelaksanaan istigosah. Pengumuman hanya dilakukan lewat masjid ataupun lewat pemberitahuan jamaah lain. Jadi setiap jamaah akan memberitahukan acara istigosah kepada jamaah lain. Sedangkan untuk masalah kehadiran jamaah bukanlah sebuah pemaksaan karena istigosah dilakukan atas dasar kemauan diri sendiri.

Namun meskipun tidak ada undangan untuk jamaah, acara istigosah biasanya akan diberitahukan lewat kiyai atau ulama setiap desa melalui undangan agar disampaikan kepada jamaahnya. Nah bagimana bentuk perwujudan undangannya? Silahkan sahabat surat langsung baca, pahami dan mengerti sendiri dibawah ini:

Contoh Surat Undangan Istigosah

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kepada Romo Yai

KH. Hasan Mudhofar

Ditempat

Puji syukur kami sampaikan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Sholawat serta salam mari kita sanjungkan kepada Nabi besar Muhammad SAW.

Sehubungan dengan akan dilaksanakan acara istigosah akbar desa Kebonagung, dengan ini kami selaku panitia istigosah bermaksud mengundang Bapak kiyai untuk menghadiri acara istigosah akbar desa Kebonagung yang insya Allah akan kami laksanakan pada :

Hari / tanggal                : Minggu, 2 Juli 2017 (Ahad Pon)

Jam                              : 07.00 WIB – Selesai

Tempat                         : Masjid Al-falah Desa Kebonagung Kutut, Rt 1 Rw 1 Babat Lamongan

Merupakan suatu kehormatan apabila Romo Yai bersama jamaah pengajian sekalian berkenan untuk menghadiri acara istigosah akbar desa Kebonagung yang kami laksanakan. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Panitia Istigosah Akbar

Muhammad Latif Sukarti

Untuk sahabat yang masih bingung dengan format penulisannya ataupun ingin menyimpan file contoh pengumuman istighosah ini, silahkan dowload undangan istighosah doc.

Demikian ulasan tentang Contoh Surat Undangan Istigosah yang Baik dan Benar yang telah dewa-surat ulas untuk sahabat sahabat sekalian. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan sahabat sahabat surat semua mengenai surat undangan istigosah. Semoga pula acara istigosah yang akan sahabat sahabat laksanakan berjalan dengan khidmad dan penuh berkah melebihi apa yang sahabat inginkan karena diberkahi oleh Allah SWT. Akhir kata, terimakasih telah mengunjungi Dewa-surat.com, semoga bermanfaat.

Pencarian Paling Populer :

/* */