Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar

Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar

Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar

Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar

Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar – Selamat pagi sahabat surat semuanya, bagaimana puasanya masih lancar? Hehe semoga seluruh amalan ibadah kita dibulan yang penuh berkah ini memberikan kita energi positif sehingga dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh, pikiran serta hati kita.

Pada kesempatan yang sebelumnya, Dewa-surat telah mengajak sahabat sahabat semua untuk mengulas tentang salah satu contoh surat yang sering digunakan ketika moment lebaran yaitu tentang Contoh Surat Pengajuan THR. Nah pada kesempatan kali ini Dewa-surat juga akan memberikan informasi contoh surat yang juga masih berkaitan dengan surat pengajuan THR. Karena biasanya surat ini dibutuhkan ketika THR telah turun dan seorang pegawai atau karyawan ingin memutuskan Mengundurkan diri dari perusahaan ataupun telah habis kontrak kerjanya.

Perlu sahabat surat ketahui bahwa ketika kita memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan ataupun kontrak kerja kita telah habis, maka tidak seluruhnya langkah kita mencari pekerjaan baru harus dimulai dari nol. Karena pihak perusahaan yang telah lama kita tempati untuk bekerja juga akan memberikan sedikit bantuan kepada kita dalam menemukan pekerjaan yang baru, tentunya apabila kita resign atau telah melayangkan Surat Pengunduran Diri dengan baik baik.

Nah surat dari perusahaan ataupun instansi pemerintah tempat sahabat sahabat bekerja sebelumnya yang dapat membantu langkah sahabat surat dalam menemukan dan mendapatkan pekerjaan adalah surat pengalaman kerja atau yang sering disebut contoh surat referensi kerja. Yang tentunya tidak semua pegawai atau karyawan dapat memiliki surat ini ketika resign dari perusahaan tergantung prestasi yang sahabat miliki. Surat Pengalaman Kerja merupakan sebuah surat pernyataan yang bersifat formal, resmi dan dikeluarkan dari atau oleh sebuah instansi pemerintahan ataupun perusahaan untuk memeberikan keterangan bahwa seseorang yang tercantum dalam surat pengalaman kerja tesebut memang pernah bekerja pada instansi atau perusahaan. Surat pengalaman kerja ini dapat dijadikan bukti oleh karyawan perusahaan untuk mencari pekerjaan yang coco dan sesuai dengan dirinya. Surat ini juga memberikan bukti bahwa karyawan tersebut memang benar benar pernah memiliki pengalaman kerja yang dapat dijadikan pertimbangan perusahaan atau instansi pemerintah dimana karyawan tadi melamar kerja.

Dalam penulisan atau isi dari surat pengalaman kerja ini sendiri ada beberapa format paten yang harus ada tanpa terkecuali surat pengalaman kerja guru, surat pengalaman kerja bidan, contoh surat pengalaman kerja administrasi, maupun contoh surat keterangan kerja lainnya. Nah yang harus ada dalam penulisan surat pengalaman kerja adalah:

  1. KOP Surat (Perusahaan atau Instansi)
  2. Perihal Surat
  3. Nomor Surat
  4. Pembuat Surat (biasanya bagian HRD, biasanya disebutkan secara lengkap pangkat dan golongannya)
  5. Maksud Penulisan Surat
  6. Nama Karyawan atau Pegawai yang Bersangkutan
  7. Biodata Lengkap Karyawan atau Pegawai yang Bersangkutan
  8. Keterangan yang Membenarkan Bahwa Pegawai Tertulis diatas Memang Pernah Bekerja pada Perusahaan Terkait.
  9. Keterangan yang Menunjukkan Bahwa Karyawan atau Pegawai yang Bersangkutan memiliki loyalitas dan Prestasi untuk Perusahaan atau Instansi Pemerintah sebelumnya.
  10. Penutup
  11. Tanggal dibuatnya Surat Pengalaman Kerja, Tanda Tangan dan Nama Terang Pembuat Surat.

Perlu sahabat sahabat surat semua ketahui bahwa ada beberapa perusahaan atau Instansi Pemerintah ketika membuka lowongan kerja menetapkan syarat syarat tertentu seperti surat pengalaman kerja ataupun yang lain. Hal inilah menjadi fungsi utama dibuatnya surat pengalaman kerja untuk karyawan/ pegawai yang keluar dari perusahaan atau instansi pemeritah karena memang dalam surat pengalaman kerja akan memuat tentang promosi diri karyawan yaitu tentang loyalitas dan prestasi yang pernah dicapai ketika bekerja, kelebihan atau potensi yang dimiliki oleh karyawan/ pegawai. Nah karena surat pengalaman kerja ini termasuk dalam salah satu Contoh Surat Resmi, maka usahakan dalam pembuatan surat pengalaman kerja harus menggunakan kosa kata dan bahasa yang baik dan benar serta formal.

Untuk sahabat surat yang masih bingung dengan penampakan surat pengalaman kerja yang sudah coba kita bedah diatas, yuk langsung saja sahabat surat simak dibawah ini tentang Contoh Surat Pengalaman Kerja.

PT. NANG CEPET GEDE

Alamat : Jln. Perdagangan Komp. Bumi Indah Lestari II, Rengel, Tuban-Jawa Timur

Telpon : (0322) 312424 – e-mail : klamutanyuk@gmail.com

=======================================================================

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

Nomor :  ……/PLA-Kalsel/C/20….

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                            : Nofan Rambu Anarki

NIP                               : 20122344321994

Pangkat/Gol                  : Manager

Jabatan                        : Kepala Divisi Pergudangan

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama                            : Rooney Yan Uwar

Tempat/Tgl Lahir           : Klaten, 30 Mei 1990

Alamat                          : Jln. In dulu saja

Benar telah bekerja pada PT. Nang Cepet Gede yang kami pimpin terhitung sejak 16 Februari 2015 sampai dengan 13 Juni 2017, dengan jabatan terakhir Staff Admin Delivery

Selama menjadi karyawan kami, saudar Rooney telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap instansi, dan tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan instansi.

Demikian surat keterangan ini dibuat, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Tuban, 19 Juni 2017

Kepala Gudang

Nofan Rambu Anarki

Untuk Sahabat Surat yang masih bingung dengan Format Penulisan ataupun Contoh Surat diatas, silahkan sahabat download Contoh Surat Pengalaman Doc

Demikian ulasan tentang Contoh Surat Pengalaman Kerja, semoga setelah membaca ulasan diatas wawasan serta pengetahuan sahabat surat sekalian bisa bertambah, akhir kata terimakasih telah mengunjungi Dewa-surat, semoga bermanfaat.

 

Pencarian Paling Populer :

/* */