Pengertian Surat Dokumen Kapal

Beberapa Pengertian Surat Dokumen Kapal

Beberapa Pengertian Surat Dokumen Kapal

Beberapa Pengertian Surat Dokumen Kapal

Beberapa Pengertian Surat Dokumen Kapal – Perlu anda ketahui bahwa dokumen kapal muatan/ dokumen cargo pada kapal selalu penuh dengan rencana bongkar muat kapal ataupun segalanya yang berhubungan dengan kapal. Muatan barang yang dibawa oleh kapal juga bermacam-macam mulai dari benda hidup maupun benda mati. Pengiriman ini dilakukan dari berbagai daerah sampai dari berbagai Negara. Prosedur kedatangan dan keberangkatan kapal harus diatur sesuai jadwal pengiriman, hal tersebut dikarenakan banyaknya kuantitas kapal yang beroperasi agar tidak terbengkalai. Pengiriman dengan menggunakan transportasi laut dirasa lebih aman dan cepat dikarenakan barang yang dikirim pun biasanya memang bukan barang yang bisa dikirim melalui jalur darat maupun udara karena kapasitas maupun berat barangnya. Dokumen bongkar muat kapal berfungsi untuk mengatur dan melihat kelengkapan kapal maupun barang yang dibawa apakah sudah sesuai dengan yang ada dalam data ataukah kurang bahkan tidak sesuai. Nah pada kesempatan kali ini Dewa-surat.com akan mengulas tentang Beberapa Pengertian Surat Dokumen Kapal yang mungkin akan menambah wawasan anda.

Beberapa Pengertian Surat Dokumen Kapal – Pengertian dokumen kapal yaitu seperti berikut :

1 SHIPPING INSTRUCTION

Sumber pengapalan, oleh karenanya bila S/I telah di terima oleh agen pelayaran (accepeted by the agent0 jadi ke-2 iris pihak yakni shipper serta carrier terikat pada perjanjian itu, yakni pengapalan muatan. bila shipper membatalkan pengapalannya, carrier yang berkaitan memiliki hak atas ganti rugi yang diberi nama dead freight. Demikian sebaliknya bila carrier membatalkan sailing, mesti ganti ganti rugi pada shipper.

2 SHIPPING ORDER (SO)

SO atau yang kerap di sebut SHIPPING INSTRUCTION (SI) adalah Surat yang di buat oleh Shipper yang diperuntukkan pada Carrier/kapal untuk menerima serta berisi muatan yang tercantum dalam surat itu. Shipping Order diisi: Nama shipper, Nama Consignee di pelabuhan bongkar, Notify address, Pelabuhan Muat, Pelabuhan Maksud, Nama serta Type barang, Jumlah Berat serta Volume, Shipping Mark, Keseluruhan Nett Weight, Keseluruhan Gross weight, Keseluruhan Measurement, Freight and charge, B/L, Dated, Commercial Invoice, No. L/C.

3 CARGO DECLARATION

Dokumen yang di buat oleh shipper (pengirim) diperuntukkan pada master kapal, dokumen ini menyebutkan kalau cargo sudah di inspeksi oleh independent surveyor yang menyebutkan cargo aman untuk di angkut baik itu dokumen kapal cargo maupun dokumen kapal tanker semuanya pasti memiliki cargo declaration.

4 RESI MUALIM (MATE RECEIPT)

Surat sinyal terima barang/muatan di atas kapal sesuai sama kondisi muatan itu yang ditanda tangani oleh mualim. Resi Mualim akan di beri catatan apabila ada beberapa hal yang tidak cocok atau butuh info penambahan. Apa yang tercantum dalam Mate receipt pasti dan wajib tercantum pula dalam Konosemen (Bill of Lading) .

5 RESI GUDANG

Resi Gudang yakni surat sinyal muatan yang di keluarkan oleh kepala gudang yang saat itu menerima muatan itu dari shipper. Umumnya shipper menyerahkan muatan yang bakal dikapalkan itu satu dua hari sebelum akan kehadiran kapal yang berkaitan dipelabuhan pemuatan, untuk lakukan pemuatan.

Resi Gudang di buat dalam lembar (atau lebih, sesuai sama keperluan) menggunaan warna yang tidak sama, masing-masing lembar tersebut memiliki manfaat yang tidak sama pula, perbedaannya adalah sebagai berikut :

  • Lembar ke-1 (asli) , warna putih, sebagai surat Muat, yakni surat penterahan muatan dari gudang ke perwira kapal.
  • Lembar ke-2, kuning, sebagai mate’s receipt (resi mualim) asli, sesudah muatan di terima oleh mualim serta semua keadaan muatan dicatat disitu, untuk shipper.
  • Lembar ke-3, warna merah jambu, sebagai Tembusan Resi Mualim, diserahkan pada agen setempat sebagai basic pembuatan bill of Lading.
  • Lembar ke-4, warna hijau, untuk arsip kapal.
  • Lebar ke-5 serta lembat ke-6, warna putih, untuk keperluan yang lain.
  • Lembar-lembar ke-2 dan sebagainya memakai kertas tidak tebal sedang lembar kesatu memakai kertas HVS.

6. MANIFEST

Manifest Kapal adalah Surat yang disebut satu Daftar beberapa barang /muatan yang sudah dikapalkan. Di mana daftar itu diisi dengan Nama kapal, Pelabuhan Muat serta Pelabuhan tujuan kapal, Nama Nakhoda, Tanggal, No. B/L, Pengirim (Shipper) , Penerima (Consignees) , Sinyal (Mark) , Jumlah/banyak (Quantity) , Type barang/muatan (Description of goods) , Isi & Berat (Volume & Weight) serta Info jika ada dan tercantum serta dibuat oleh Perusahaan Pelayaran.

7 TALLY SHEET

Tally Sheet merupakan satu daftar/catatan penghitungan jumlah/banyak muatan yang di terima atau muatan yang dibongkar oleh kapal. Penghitungan dikerjakan oleh Tally Clerk serta di syahkan/di ketahui oleh Mualim.

8 LETTER OF INDEMNITY/LETTER OF GUARANTEE

Merupakan Surat Jaminan yang di buat oleh Shipper untuk peroleh Clean B/L, di mana Shipper bakal bertanggungjawab jika muncul Claim atas barang itu.

9 BILL OF LADING (KONOSEMEN)

Adalah surat kesepakatan pengangkutan barang pada pengirim (Shipper) serta Perusahaan Pelayaran (Owner) dengan semua konsekwensinya yang tercantum pada surat itu. Dapat juga adalah surat kepemilikan barang seperti yang tercantum dalam surat itu serta oleh karena itu bisa diperjual belikan hingga Bill of Lading ini dapat adalah surat bernilai.

10 DELIVERY ORDER

Mungkin untuk yang satu ini, anda sudah sering mendengar bukan hanya dalam istilah perkapalan. Pada dokumen bongkar muat kapal, DO merupakan satu surat yang menyebutkan kepemilikan atas barang atau muatan. Di mana D/O bisa didapat dengan menukarkan B/L kepunyaannya.

11 STATEMENT OF FACT

Laporan proses aktivitas bongkar/muat dari mulai awal sampai usai aktivitas.

12 STOWAGE PLAN

Adalah deskripsi info keadaan muatan yang ada dalam ruangan muat baik tentang Letak, Jumlah serta Berat muatan sesuai sama consignment mark untuk semasing pelabuhan maksudnya

13 DISCHARGING LIST

Daftar bongkaran muatan disuatu pelabuhan spesifik.

14 HATCH LIST

Daftar muatan yang ada dalam palka yang berkaitan.

15 DAMAGE REPORT

Adalah satu surat Berita acara rusaknya muatan yang berlangsung di atas kapal berkenaan tanggung jawab pihak carrier.

16 MARINE NOTE OF SEA PROTEST

Adalah satu Berita Acara atas rusaknya muatan di luar kekuatan manusia. Di buat oleh Nakhoda serta di syahkan oleh Notaris.

17 NOTICE OF READINESS

Satu surat yang di buat oleh Nakoda yang menyebutkan kalau kapal sudah siap untuk melakukan aktivitas pembongkaran atau pemuatan.

Demikian ulasan tentang Beberapa Pengertian Surat Dokumen Kapal yang mungkin ingin anda ketahui. Terimakasih telah mengunjungi Dewa-surat, semoga bermanfaat.

Pencarian Paling Populer :

/* */