Syarat Dan Prosedur Pengurusan Perpanjangan SIM A Dan SIM C Terbaru 2017

Syarat dan Prosedur pengurusan perpanjangan SIM A dan SIM C Terbaru 2017

Syarat dan Prosedur pengurusan perpanjangan SIM A dan SIM C Terbaru 2017 – Untuk anda yang sama sekali belum pernah melakukan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) baik A,B maupun C, pasti akan sangat bingung tentang bagaimana prosedurnya. Sebenarnya prosese memperpanjang Surat Izin Mengemudi atau SIM tidak jauh berbeda dengan proses ketika anda membuat SIM, bahkan dapat dikatakan sama, sama-sama menghabiskan tenaga, waktu dan uang yang banyak. Namun sebagai warga Indonesia yang baik dan taat peraturan, seberat dan serumit apapun aturan yang berlaku, pasti akan tetap anda tempuh untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi milik anda, mengingat Surat Izin Mengemudi ini sangatlah penting terutama bagi anda yang sudah cukup umur dan sering bepergian ke luar kota.

Syarat dan Prosedur pengurusan perpanjangan SIM A dan SIM C Terbaru 2017

Syarat dan Prosedur pengurusan perpanjangan SIM A dan SIM C Terbaru 2017

Aturan terbaru tentang Surat Izin Mengemudi atau SIM ini diberlakukan mulai tanggal 1 Januari 2016 yang menuliskan bahwa perpanjangan Surat Izin Mengemudi atau SIM dapat dilakukan atau dilaksanakan sebelum habis masa berlakunya dengan tenggang waktu 14 hari sebelum tanggal habis masa berlakunya. Untuk anda yang terlanjur telat melakukan perpanjanga Surat Izin Mengemudi atau SIM, anda masih dapat melakukan perpanjangan namun dengan syarat belum melewati waktu 3 bulan dari masa berlaku Surat Izin Mengemudi anda. Untuk itu sangatkan penting melakukan pengecekan secara berkala agar anda saat masa berlaku Surat Izin Mengemudi anda hamoir habis, anda bisa melakukan persiapan dan tidak sampai lewat masa tenggangnya.
Berikut ulasan tentang Syarat dan Prosedur pengurusan perpanjangan SIM A dan SIM C Terbaru 2017 yang telah dewa-surat.com rangkumkan untuk anda, semoga dapat membantu.

Syarat dan Prosedur pengurusan perpanjangan SIM A dan SIM C Terbaru 2017

Syarat yang harus anda bawa saat melakukan perpanjangan Surat Izin Mengemudi baik untuk mobil ataupun motor adalah:
– KTP asli beserta KTP yang Fotocopy
– SIM asli yang masa berlakunya hampir habis dan ingin diperpanjang.
– Biaya atau uang sejumlah pembayaran yang berlaku.
– Selain tiga syarat yang harus anda bawa diatas, pastikan juga bahwa Surat Izin Mengemudi atau SIM yang akan anda perpanjang belum melewati 3 bulan masa expired.

Prosedur yang harus anda jalani ketika melakukan pengurusan perpanjangan Surat Izin Mengemudi atau SIM anda adalah:
– Datanglah ke kantor Polres terdekat.
– Datang saat Hari dan Jam kerja. Jangan sampai anda datang pada hari minggu ataupun jam malam, karena sudah dapat dipastikan bahwa anda disana hanya buang-buang waktu dan tidak akan dilayani.
– Datanglah sepagi mungkin, karena buan hanya anda yang perlu dilayani. Pasti akan antri di sana, apabila anda tidak ingin antri cukup lama maka datanglah sepagi mungkin.
– Pastikan keadaan tubuh anda fit, karena akn ada test kesehatan dalam prosedur perpanjangan SIM. Apabila anda kurang fit bisa-bisa anda gagal saat test kesehatan.
– Setelah lolos test kesehatan, anda akan diberi formulir pengajuan perpanjangan SIM untuk anda isi sesuai dengan data diri.
– Setelah semuanya beres, maka anda akan difoto untuk gambar identitas SIM anda yang terbaru. Karena SIM berumur 5 tahun maka wajah pemilik juga kemungkinan berubah, untuk itlah diperlukan foro lagi, selain itu dari pihak kepolisian juga mungkin tidak menyimpan draft foto anda yang terdahulu. Apabila anda tidak ingin melakukan foro, anda bisa menggunakan foto anda yang sudah dicetak dari rumah, yang tentu saja foto tersebut haruslah foto dengan format yang formal.
– Pengambilan sidik jari anda selaku pemilik akan diambil sesudah sesi pemotretan. Apabila anda sudah melakukan pengambilan sidik jari maka SIM anda akan segera selesai dan dapat anda gunakan. Biasanya setelah proses pengambilan sidik jari, anda akan diminta untuk menunggu Surat Izin Mengemudi anda sampai selesai sekitar 30 menit.

Baca Juga:

Biaya yang harus anda siapkan sesuai dengan model atau type SIM yang ingin diperpanjang:
– SIM A Rp. 80.000
– SIM Internasional Rp. 225.000
– SIM B1 Rp. 80.000
– SIM D Rp. 30.000
– SIM D1 Rp. 30.000
– SIM B2 Rp. 80.000
– SIM C Rp. 75.000
– SIM C1 Rp. 75.000
– SIM C2 Rp. 75.000

Demikian ulasan tentang Syarat dan Prosedur pengurusan perpanjangan SIM A dan SIM C Terbaru 2017, semoga dengan adanya ulasan ini akan lebih mempermudah urusan anda dalam mengurus perpanjangan SIM baik SIM A, SIM B, SIM C maupun SIM D. Terimakasih telah mengunjungi Dewa-surat.com semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.

Pencarian Paling Populer :

Syarat Dan Prosedur Pengurusan Perpanjangan SIM A Dan SIM C Terbaru 2017 | admin | 4.5