Pengertian Penelitian Deskriptif Kualitatif Pada Skripsi Dan Tugas Akhir

Pengertian Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Skripsi dan Tugas Akhir

Pengertian Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Skripsi dan Tugas Akhir – Skripsi menjadi syarat mutlak bagi anda yang ingin segera menyandang gelar sarjana. Namun untuk memulai prosesi pengerjaan skripsi, anda tidak dapat langsung ketik dengan metode copas atau copy paste. Anda harus memiliki konsep yang matang agar skripsi anda dapat berjalan sesuai dengan lancar dan seperti yang anda harapkan. Karena memang skripsi tidak dapat dikerjaan secara ngawur asal-asalan tanpa konsep yang jelas, karena dalam sebuah skripsi harus memuat tinjauan pustaka dengan sumber yang valid. Untuk itu, dapat dipastikan apabila anda asal-asalan dalam mengerjakan skripsi pasti tidak akan berjalan dengan mudah.

Pengertian Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Skripsi dan Tugas Akhir

Pengertian Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Skripsi dan Tugas Akhir

Penentuan konsep dalam skripsi dapat anda mulai dari fenomena yang sedang hits atau sedang hangat saat ini, anda akan lebih mudah dalam menemukan permasalahan yang dapat anda angkat untuk skripsi anda. Nah setelah anda menemukan topik yang cocok untuk anda angkat, barulah anda ubah topik tersebut ke dalam sebuah judul skripsi yang sesuai dengan topik yang ingin anda angkat.
Setelah anda menemukan dan memutuskan judul skripsi anda barulah anda mulai mengerjakan skripsi. Perlu anda tahu bahwa skripsi memiliki tahapan dalam pengerjaannya. Biasanya Bab 1 berisi tentang latar belakang atau garis besar skripsi anda, pada Bab ini anda dapat memasukkan latar belakang masalah yang mendasari anda mengangkat judul ini. Setelah Bab pertama beres, maka anda masuk ke Bab 2 yaitu Bab yang berisi tentang tinjauan pustaka yaitu kumpulan teori yang anda pakai atau relevan dengan skripsi anda. Biasanya teori ini akan direkomendasikan oleh dosen pembimbing anda agar anda tidak salah memakai teori yang akan anda jadikan pedoman dalam penelitian anda nanti di Bab 4-5.
Setelah Bab 2 beres, maka Bab 3 inilah yang menjadi tolak ukur keberhasilan skripsi yang sedang anda kerjakan. Karena meskipun sepertinya tidak begitu dikoreksi oleh dosen pembimbing maupu penguji, ternyata pada Bab inilah arah penelitian anda ditentukan.
Pada kesempatan kali ini Dewa-surat.com akan mengulas tentang poin penting pada Bab 3 Skripsi yaitu Pengertian Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Skripsi dan Tugas Akhir. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda.

Pengertian Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Skripsi dan Tugas Akhir

1. Pengertian Penelitian Deskriptif Kualitatif
Pada dasarnya Penelitian Deskriptif Kualitatif berasal dari dua kata yaitu Deskrip dan Kualitatif. Deskriptif merupakan metodenya, sedangkan Kualitatif merupakan penelitiannya. Pengertian Deskriptif sendiri adalah menggambarkan dan mendiskripsikan serta mengkaji suatu permasalahan dan memperoleh jawaban yang bermakna tentang permasalahan yang diangkat dan yang ingin diteliti. Sedangkan pengertian penelitian kualitatif adalah bahwa ketika anda nanti sudah mulai melaksanakan penelitian maka penelitian anda harus kualitatif berdasarkan apa yang ada di lapangan tempat anda meneliti suatu topik yang anda angkat.

2. Kemungkinan yang Terjadi
biasanya saat anda melakukan penelitian akan menemui 3 hal yang biasanya terdapat saat menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu:
– Masalah yang anda angkat biasanya harus berubah sesuai keadaan yang anda temui di lapangan. Karena memang metode ini mengharuskan anda untuk benar-benar objektif dalam mengangkat sebuah masalah yang ada di lapangan.
– Masalah yanga anda ajukan akan berkembang lebih luas serta mendalam sehingga mengharuskan anda berpikir lebih keras lagi untuk dapat menarik kesimpulan pada skripsi anda.
– Pada poin ketiga ini biasanya akan jarang anda temui meskipun tetap memungkinkan anda akan menemui topik yang anda angkat sudah sangat sesuai dengan apa yang ada di lapangan, sehingga anda tidak perlu repot-repot berfikir lagi untuk melakukan penarikan kesimpulan.

3. Kelebihan Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif
Kelebihan Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif adalah anda selaku peneliti dapat secara langsung mencari data dengan nara sumber sehingga sangat minim terjadi manipulasi data. Selain itu anda dapat melakukan improvisasi dan mengembangkan masalah apabila anda mau karena masalah yang diteliti dengam metode deskriptif kualitatif pasti bersifat dinamis. Anda juga tidak akan berurusan dengan angka ketika melakukan penelitian karena metode penelitian deskritif kualitatif sangat berbeda dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif yang menekankan pengaruh angka dan bersifat pasti dalam penelitiannnya.

4. Kekurangan Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif
Kekurangan pada metode penelitian deskriptif kualitatif ini terletak pada tingkat kesulitannya dalam menarik kesimpulan. Karena pasti ketika anda sudah berada di lapangan, konsep yang sudah anda siapkan dengan matang bisa saja berubah bahkan tidak tanggung-tanggung konsep anda bisa saja berubah 100%.

Baca Juga:

5. Prosedur Perolehan Data
Seperti yang dijelaskan pada poin ketiga bahwa anda akan mendapatkan data secara langsung dari nara sumber. Maksudnya adalah anda diharuskan dan diwajibkan melakukan wawancara untuk mendapatkan data yang anda cari. Jadi selain data berupa informasi tertulis, anda harus menyusun pula pedoman wawancara anda agar sesuai dengan fokus permasalahan anda yang ada dalam skripsi. Pedoman wawancara ini disusun agar tujuan anda dalam mencari data jelas dan sesuai, karena ditakutkan apabila melalui metode wawancara, narasumber biasanya memeberikan informasi yang bertele-tele bahkan tidak sesuai dengan permasalahan yang sedang anda teliti.

6. Pengolahan Data
Dikarenakan data yang anda peroleh berupa data wawncara dan data tertulis, anda harus pintar-pintar menafsirkan dan mengartikan data yang anda peroleh. Sebab biasanya data tertulis dan data wawancara tidak sesuai, hal tersebut bukanlah karena disengaja karena nara sumber ingin memanipulasi data anda, namun karena mungkin terjadi salah komunikasi pemahaman ataupun lupa. Jadi anda harus pandai-pandai mengolah data wawancara anda sebelum menuliskannya pada skripsi anda agar fokus yang ingin anda teliti bisa terjawab.

Demikian ulasan tentang Pengertian Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Skripsi dan Tugas Akhir. Semoga dapat menambah ilmu dan membantu anda, terimakasih juga telah mengunjungi Dewa-surat.com semoga bermanfaat untuk anda.

Pencarian Paling Populer :

Pengertian Penelitian Deskriptif Kualitatif Pada Skripsi Dan Tugas Akhir | admin | 4.5