Syarat Membuat SKCK terbaru 2017

Syarat Membuat SKCK terbaru 2017

Syarat Membuat SKCK terbaru 2017 – Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau yang disingkat dengan nama SKCK, merupakan perubahan dari Surat Keterangan Kelakuan Baik atau yang disingkat dengan nama SKKB. Walaupun berbeda nama, isi dari kedua surat yang diterbitkan oleh Kepolisian Republik Indonesia baik melalui Kepolisian Sektor (Polsek) maupun Kepolisian Resort (Polres) pada dasarnya sama, yaitu menerangkan tentang kelakuan baik seseorang dan menyatakan bahwa seseorang yang bersangkutan sampai saat pengurusan SKCK belum pernah memiliki catatan kriminal. Selain itu, SKCK juga bersifat sementara karena hanya memiliki masa berlaku selama 6 bulan. Mungkin banyak yang bertanya kenapa SKCK tidak bisa bersifat selamanya? jawabannya adalah karena masyarakat tidak terjamin selamanya untuk tidak melakukan tindak kriminal. Oleh karena itu sangat masuk akal apabila SKCK dibuat memiliki jangka waktu.Pembuatan SKCK sangat penting dan diperlukan untuk melengkapi persyaratan administratif, SKCK biasanya dipergunakan untuk melamar pekerjaan baik di sektor swasta maupun pemerintah.
Syarat membuat SKCK 2017

Dewa-surat – Syarat membuat SKCK 2017

Melihat sebegitu pentingnya sebuah SKCK, banyak yang menganggap bahwa untuk mengurus SKCK ini pasti sangat ribet dan menyulitkan, padahal kenyataanya tidak sama sekali bahkan KAPOLRI sangat memfasilitasi dan mempermudah pengurusan SKCK ini bukan hanya lewat manual bahkan bisa melalui pengurusan online juga. Berikut adalah Syarat Membuat SKCK terbaru 2017.

Syarat Membuat SKCK terbaru 2017

1. Menyiapkan Surat Pengantar dari Desa
Surat pengantar dari desa ini merupakan surat dengan isi yang menyatakan bahwa anda berkeperluan mengurus SKCK. Biasanya surat pengantar dari Desa seperti itu sudah ada dan tinggal mengisi nama dan tanda tangan dari perangkat desa yang menjabat saja, jadi anda tidak perlu repot-repot membuatnya. Surat pengantar dari desa ini, diurus melalui sekretaris RT, kemudian anda dapat memintakan tanda tangan dan stempel kepada RT serta RW yang menjabat. Setelah anda mendapatkan tanda tangan dan stempel dari RT dan RW, maka surat pengantar dari desa anda sudah siap untuk dipergunakan.
2. Menyiapkan Surat Ppengantar dari Kelurahan/Kecamatan
Setelah surat pengantar dari desa sudah siap dan sudah anda pegang, anda tidak dapat langsung menuju kantor kepolisian. Anda harus membawa surat pengantar tersebut ke kantor kelurahan atau kantor kecamatan sesuai domisili anda. Surat pengantar dari desa yang telah anda buat sebelumnya akan diperiksa apakah sudah benar atau belum. Setelah surat pengantar dari desa anda sudah benar, barulah anda akan dibuatkan oleh kelurahan/kecamatan berupa surat pengantar untuk ke kantor kepolisian untuk mengurus SKCK.
Baca Juga:
3. Melengkapi Persyaratan
Ada beberapa persyaratan yang harus anda lengkapi sebelum melanjutkan perjalanan anda ke kantor kepolisian. Tentu saja persyaratan yang diperlukan adalah wajib hukumnya untuk dilengkapi. Anda pasti tidak mau harus kembali pulang karena kurangnya persyaratan yang harus anda bawa. Untuk beberapa persyaratan yang harus anda lengkapi adalah:
–  Fotocopy rangkap 2 Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
–  Fotocopy rangkap 2 Kartu keluarga (KK) yang terbaru.
–  Fotocopy rangkap 2 Akta Kelahiran atau Ijazah terakhir bagi pengurus yang bersangkutan.
–  Pas Foto 4×6 dengan background/latar warna merah sebanyak 6 lembar.
Untuk anda yang Bukan WNI persyaratan yang harus anda lengkapi adalah:
–  Fotocopy rangkap 2 Paspor yang masih berlaku
–  Surat rekomendasi dari perusahaan (Asli)
4. Mengurus SKCK di Polres ataupun Polsek
Apabila seluruh persyaratan anda sudah lengkap, maka anda dapat melanjutkan pengurusan SKCK di Polres (tingkat Kabupaten/Kota) atau di Polsek (tingkat Kecamatan). Perlu anda ketahui bahwa surat pengantar dari kantor kecamatan tadi dapat langsung anda ajukan ke Polsek maupun Polres, atau apabila waktunya tidak cukup anda dapat melanjutkan proses pembuatan SKCK pada hari berikutnya. Karena Polsek maupun Polres menetapkan jam maksimal pelayanan yaitu jam 15.00. Jadi apabila waktu anda memang sudah tidak mencukupi, silahkan lanjutkan ke Polsek maupun Polres keesokan harinya saja agar anda tidak merasa dirugikan sudah datang ke Polsek/Polres namun tidak mendapatkan pelayanan.
Setelah anda datang di Polsek/Polres dan dinilai persyaratan anda sudah lengkap, anda akan langsung dibuatkan SKCK anda. sambil menunggu pembuatan SKCK anda, biasanya akan disediakan form pengisian yang menyatakan bahwa anda tidak pernah tersangkut tindak kriminal. Jadi usahakan bawa bolpoin sendiri agar tidak bingung saat mengisi form yang disediakan.
Setelah semua proses pembuatan SKCK beres dan SKCK siap diberikan kepada anda, biasanya anda akan dikenakan biaya administratif. Hal ini bukanlah pungli ataupun nepotisme, karena pembayaran administratif pengurusan SKCK adalah resmi. Per Januari 2017, tarif pembuatan SKCK naik dari Rp. 15.000,- Menjadi Rp. 30.000,-. Untuk itulah siapkan pula uang RP. 30.000 rupiah agar anda tidak bolak-balik ke rumah karena tidak membawa uang. Demikian ulasan tentang Syarat Membuat SKCK terbaru 2017, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih telah mengunjungi Dewa-surat.com.

Pencarian Paling Populer :

/* */