Jenis Surat Fungsi Pengertian dan Kegunaannya

Jenis Surat Fungsi Pengertian dan Kegunaannya

Jenis Surat Fungsi Pengertian dan Kegunaannya – Penggunaan surat telah sejak lama membantu kehidupan manusia. Hal tersebut dikarenakan pada jaman dahulu sebelum adanya telepon ataupun sosmed, hanya surat yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi paling efektif dan efisien saat itu. Bahkan setelah munculnya alat komunikasi baru yaitu telepon dan handphone, surat masih menjadi pilihan terfavorit saat itu dikarenakan biayanya yang lebih murah.
Sampai saat ini, penggunaan surat tetap tidak bisa lepas dari kehidupan manusia sehari-hari. Karena memang surat masih memegang peranan penting dan masih belum tergantikan dengan media komunikasi lain meskipun penggunaannya sudah tidak se-intens dulu sebelum adanya alat komunikasi modern.

Jenis Surat Fungsi Pengertian dan Kegunaannya

Jenis Surat Fungsi Pengertian dan Kegunaannya

Eksistensi surat tidak dapat digantikan karena memang ada beberapa hal yang pengurusannya tidak bisa menggunakan media komunikasi modern, mungkin karena tidak bisa lebih formal atau lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan surat. Banyak orang yang berpendapat bahwa fungsi surat hanya sebagai media untuk bertukar kabar, padahal fungsi sesungguhnya dari surat lebih luas lagi sesuai jenis dan kegunaannya.
Berikut ada beberapa Jenis Surat Fungsi Pengertian dan Kegunaannya.

Jenis Surat Fungsi Pengertian dan Kegunaannya

1. Surat Resmi
Surat Resmi merupakan surat yang digunakan dan ditujukan untuk keperluan resmi sesuai kebutuhan. Surat resmi bisa digunakan dan dibuat oleh perorangan, organisasi, organisasi maupun LSM. Surat resmi dari organisasi harus memiliki nomor, kop, lampiran dan perihal yang jelas. Surat resmi dari organisasi juga harus menggunakan salam pembuka dan penutup yang formal seta menggunakan bahasa yang resmi dan baku, penggunaan stempel juga diwajibkan dalam surat resmi dari organisasi. Surat resmi yang dibuat atau dikeluarkan oleh organisasi biasanya berupa surat pemberitahuan, surat kehadiran atau beberapa surat yang secara resmi dikeluarkan oleh organisasi.
2. Surat Niaga
Surat Niaga digunakan untuk keperluan bisnis dan perdagangan. Surat Niaga biasanya digunakan oleh perusahaan atau perindustrian untuk melakukan kegiatan usaha seperti peminjaman, pedagangan, pemesanan atau penjualan. Sama dengan Surat Resmi, Surat Niaga juga harus menggunakan KOP surat milik perusahaan, nomor, perihal dan lampiran juga harus disertakan dalam pembuatan Surat Niaga serta penggunaan bahasa penulisan juga memakai bahasa yang resmi. Surat Niaga lebih luas bentuk dan fungsinya karena memang ranah penggunaannya lebih kepada keperluan perdagangan dan bisnis. Surat Niaga juga sering dan mudah kita temui karena setiap hari perusahaan atau perindustrian pasti melakukan transaksi dalam jumlah banyak.
3. Surat Pribadi
Untuk pembuatan dan penggunaan surat pribadi bisa dikatakan lebih sederhana dan lebih simple. Pembuatan surat pribadi ini, tidak membutuhkan KOP, lampiran, nomor serta perihal surat. Isi dari surat pribadi juga tidak serumit surat resmi ataupun surat niaga, karena penulisannya tidak perlu menggunakan bahasa penulisan yang baku dan resmi. Penulisan dan penggunaan bahasa pada surat pribadi lebih mengarah kepada bahasa yang sering digunakan sehari-hari, isi dari surat peibadi pun terserah pengirim atau pembuat surat. Surat pribadi biasanya digunakan untuk menanyakan kabar kepada sanak keluarga ataupun kekasih. Namun pada era sekarang ini, penggunaan surat pribadi sudah tergeser dan digantikan oleh sosmed atau pesan elektronik yang dinilai lebih simple, efektif dan efisien baik dari segi biaya dan waktu. Karena apabila kita menggunakan sosmed atau pesan elektronik, kita tidak perlu repot-repot mengantar surat kita ke kantor pos.
4. Surat Dinas
Pada dasarnya penulisan Surat Dinas juga tidak begitu berbeda jauh dengan penulisan dan pembuatan surat resmi maupu surat niaga. Hanya saja pada penulisan Surat Dinas bisa dikatakan lebih tinggi berbobot penggunaannya dibanding dengan surat resmi dan surat perniagaan. Surat Dinas juga harus memilik KOP, nomor, lampiran dan perihal surat. Bahasa yang digunakan juga harus menggunakan bahasa yang baku sesuai keperluan dan tujuan dikeluarkannya surat tersebut. Surat Dinas biasanya digunakan untuk melakukan panggilan secara resmi baik kepada perseorangan, organisasi maupun instansi pemerintah yang terkait.

Baca Juga:

5. Surat Lamaran Kerja
Surat Lamaran Kerja merupakan surat yang resmi namun bersifat pribadi. Kaena tidak ada aturan secara teknis dan teratur dalam penulisannya. Namun dalam membuat Surat lamaran Kerja harus menggunakan bahasa penulisan yang baku karena ditujukan kepada instansi ataupun perusahaan. Untuk membuat Surat Lamaran Kerja, anda tidak perlu menyertakan KOP, lampiran, nomor dan perihal surat cukup menuliskan isi dan lampirkan CV (curriculum vitae) atau daftar riwayat hidup anda bigaban belakang surat.

Demikian ulasan tentang Jenis Surat Fungsi Pengertian dan Kegunaannya. Banyak juga surat yang mungkin tidak masuk dalam kategori diatas, namun pada dasarnya sama. Anda dapat melihat fungsi, kegunaan dan tujuan surat tersebut dengan membaca isi dari surat tersebut. Setelah membaca isi surat tersebut anda dapat membedakan dan melihatnya masuk dalam kategori surat yang mana dengan melihat KOP, penulisan bahasa, lampiran, nomor dan perihal surat yang tercantung pada surat yang anda baca. Terimakasih atas kunjungan anda di Dewa-surat.com ini, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Pencarian Paling Populer :

/* */