Contoh Surat Perintah Kerja

Contoh Descriptive Text

Contoh Surat Perintah Kerja

Contoh Surat Perintah Kerja yang Baik dan Benar 2017

Contoh Surat Perintah Kerja – Mungkin bagi sebagaian orang, penggunaan surat sudah tidak begitu penting karena telah tergantikan dengan keberadaan pesan elektronik. Banyak orang yang masih berpendapat bahwa keberadaan surat hanya untuk sekedar bertukar kabar, hal tersebutlah yang memunculkan asumsi bahwa keberadaan surat sudah tergantikan oleh pesan elektronik. Sangat masuk akal karena memang penggunaan surat untuk berkirim kabar juga sangat tidak efektif baik dari segi waktu maupun biaya. Namun dibalik itu semua ada beberapa hal yang tidak dapat dikerjakan dan dijalankan jika melalui pesan elektronik, dan memang disinilah penggunaan surat dalam arti sesungguhnya tidak dapat digantikan.
Bagi anda yang bekerja dibagian admin baik di perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan, pasti tidak asing lagi dengan surat menyurat dan penggunaannya. Dalam dunia kerja, penggunaan surat dibedakan menurut fungsi dan kebutuhan. Seorang admin yang bekerja di perusahaan swasta pasti sering melihat  Contoh Surat Perintah Kerja tertulis atau yang biasa disingkat dengan SPK.

Perlu anda pahami kegunaan surat perintah kerja sangat berbeda dengan surat petunjuk kerja. Contoh surat perintah kerja resmi ini tidaklah dibuat berdasarkan awang-awang ataupun karangan, pembuatan surat perintah kerja harus memiliki dasar dan tujuan yang jelas. Sesuai dengan namanya, surat perintah kerja berisi tentang dua pihak yang bekerja sama dalam sebuah bidang pekerjaan atau proyek yang memiliki jangka waktu tertentu. Pihak yang berperan sebagai pemberi perintah disebut sebagai pihak pertama, sedangkan pihak yang menerima perintah disebut pihak kedua.
Surat perintah kerja baru bisa dibuat dan diterbitkan oleh pihak pertama apabila pihak kedua telah mengirimkan Rencana Anggaran Biaya atau RAB kepada pihak pertama. Rencana Anggaran Biaya yang dibuat oleh pihak kedua biasanya berisi tentang rincian biaya, proses kerja dan kebutuhan yang diperlukan oleh pihak pertama. Setelah Rencana Anggaran Biaya dikirim ke pihak pertama, barulah Surat Perintah Kerja yang ditujukan kepada pihak kedua bias dibuat. Berikut contoh penulisan Surat Perintah Kerja.

Contoh Surat Perintah Kerja yang Baik dan Benar 2017

SURAT PERINTAH KERJA

No. 001/RPA/I/2017

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                     : Loude Grace Manulang

Jabatan                  : Direktur

Alamat                  : Ngagel Jaya Selatan, Surabaya

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT Rafos Price Andalan selanjutnya disebut Pihak Pertama/ Pemberi Tugas.

Nama                     : Tjahjanulin Yustiari

Jabatan                  : Pimpinan

Alamat                  : Jl. Raya Galunggung, Malang

Untuk selanjutnya disebut Pihak Kedua/ Penerima Tugas.

Dengan ini Pihak Pertama memberikan tugas kepada Pihak Kedua dan Pihak Kedua sepakat untuk melaksanakan dengan perancangan desain 3 type ruko.Sesuai dengan surat penawaran 7 Februari 2017, dengan perincian sebagai berikut:

JENIS PEKERJAAN LUAS BIAYA
Pembangunan Kavling    
1. Perencanaan dan Pembangunan Kavling    
2.    Gambar kerja, gambar denah, gambar tampak,    
Gambar potongan beserta detail yang diperlukan    
3.    Gambar untuk keperluan marketing tools yang meliputi:    
Gambar perspektif, perspektif suasana, denah render dan    
Render blok plan.    
Tanah Kavling    
Jumlah Tanah Kavling   Rp. 400.000.000
     
TOTAL   Rp. 400.000.000

*Harga belum termasuk gambar kontruksi struktur dan perhitungan struktur

Total biaya yang disepakati bersama Rp. 400.000.000,- (Empat Ratus Juta Rupiah)

  1. Jangka waktu pengerjaan: Setelah penerimaan SPK
  1. Cara pembayaran : 100% setelah pekerjaan selesai.

Demikian Surat Perintah Kerja ini dibuat di Surabaya pada tanggal 8 Februari 2017.

Pihak Pertama                                                                                                Pihak Kedua

 

 

 Loude Grace Manulang                                                                    Tjahjanulin Yustiari

Baca Juga:

Surat Perintah Kerja merupakan salah satu Contoh Surat Resmi. Biasanya yang sering menggunakan SPK adalah Contoh SPK Konstruksi yang berisi tentang perintah tentang pembangunan rumah kavling, namun isi dari SPK bukan hanya diperuntukkan kepada arsitek. Perjanjian kerja sama dalam SPK bisa diganti sesuai kebutuhan. Pada bagian atas SPK diisi dengan nama data pemberi perintah baik perusahaan maupun perseorangan. Kolom nama yang kedua diisi dengan nama dan data penerima perintah bisa jadi perusahaan ataupun perseorangan. Setah itu barulah perintah ditulis sesuai dengan kerjasama yang akan disepakati.
Tabel yang dicantumkan juga memuat tentang kebutuhan pihak pertama maupun pihak kedua. Biasanya pada tabel akan diisi dengan yang sudah tertulis dalam RAB yang dikirim oleh pihak kedua sebelumnya. Dan perlu diingat bahwa Surat Perintah Kerja berbeda dengan surat accommodation.

Demikian penjelasan dan ulasan secara singkat dan jelas mengenai Contoh Surat Perintah Kerja yang Baik dan Benar 2017. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk pekerjaan anda, selamat membuat surat perintah kerja untuk kantor anda. Terimakasih atas kunjungan anda di Contoh Surat – Dewa-surat.com.

Pencarian Paling Populer :

Contoh Surat Perintah Kerja | admin | 4.5