11 Cara Menjadi Guru Idola Murid

Cara menjadi Guru

Cara menjadi Guru

11 Cara Ampuh Menjadi Guru yang Dicintai Murid

Cara Menjadi Guru yang Dicintai Murid – Sebagian orang menganggap bahwa menjadi seorang guru adalah pekerjaan yang mudah. Persaingan kerja seorang guru pun tak se-ketat dibanding dengan anda yang bekerja dalam sebuah perusahaan ataupun yang membuka usaha sendiri.

Jobdesk seorang guru juga tidak terlalu rumit, bahkan cenderung mudah jika melihat gaji yang ditawarkan kepada seorang guru apalagi yang telah memiliki sertifikasi dan telah menyandang gelar PNS, tentu pekerjaan menjadi seorang guru sangat banyak diminati.

Namun dibalik itu semua, ada tantangan besar yang harus dihadapi bagi seseorang yang berprofesi sebagai guru. Jika anda yang bekerja dalam sebuah perusahaan harus menjalin hubungan yang baik dengan atasan dan teman sekantor dulu agar dapat bekerja secara kondusif, maka lain lagi dengan seorang guru.

Seorang guru harus menjalin hubungan baik dengan teman sesama guru serta anak didiknya yang tentu saja ini akan lebih susah disbanding dengan anda yang bekerja dalam sebuah perusahaan. Seorang guru haruslah dapat menjadi pribadi yang dicintai murid-muridnya, agar dapat mempermudah pekerjaan yang digeluti. Berikut ada beberapa Cara Menjadi Guru Idola yang akan diulas Dewa-surat.com.

11 Cara Menjadi Guru yang Dicintai Murid

  1. Good Looking

Seorang guru dijadikan panutan oleh murid-muridnya, apabila anda tidak dapat melakukannya, murid yang seharusnya anda bimbing malah tidak dapat menghormati anda. Misalnya hal kecil yang dapat anda lakukan adalah dengan memperbaiki penampilan, tunjukkan bahwa dari penampilan saja anda sudah terlihat seperti seorang guru. Contohnya adalah tidak memelihara kuku panjang, rambut panjang yang tidak rapi, kemeja yang tidak pantas dipakai oleh seorang guru. Selain itu, ciri guru yang disukai siswa adalah yang dapat selalu berpenampilan modif dan tidak kuno.

  1. Murah Senyum

Yang satu ini memang cara yang paling jitu membuat orang menyukai anda. Dengan murah senyum, akan menciptakan kesan bahwa anda adalah seseorang dengan pribadi yang tidak angkuh. Untuk anda yang berprofesi sebagai seorang guru, hal ini wajib anda aplikasikan untuk mendapatkan kesan yang baik dimata murid-murid anda.

  1. Ramah

Tentu pasangan dari murah senyum adalah ramah. Jangan cuma bermodal senyum, tunjukkan bahwa senyum anda memanglah senyuman yang benar-benar ikhlas dan tidak dibuat-buat. Langkah pertama untuk membentuk sifat ramah adalah dengan memperbaiki logat, aksen dan cara berbicara anda. Jangan terlalu cepat, jangan terlalu pelan dan mudah dimengerti. Jika anda sudah dapat mengendalikan cara berbicara anda, segera aplikasikan kepada murid-murid anda disekolah dengan menanyakan kabar, ekskul, persiapan ujian ataupun hal-hal lain seputar sekolah.

  1. Berwibawa

Cara Menjadi guru idola para murid di sekolah bisa didapatkan melalui berbagai cara. Jika anda memilih cara menjadi guru yang berwibawa, mungkin pilihan anda merupakan pilihan yang tepat. Namun sayangnya, kewibawaan biasanya sudah dimiliki orang sejak lahir. Cara menjadi guru yang berwibawa dapat anda upayakan melalui cara berbicara, cara bertindak, cara berjalan dan control pribadi diri didepan murid.

  1. Be a Smart Teacher

Tidak dapat dipungkiri, guru yang cerdas dan memiliki banyak prestasi memiliki bobot tersendiri dimata murid-muridnya. Disini saya ibaratkan ketika anda yang berprofesi sebagai guru menerima pertanyaan yang tak terduga dari muridnya baik itu pertanyaan pelajaran ataupun yang lainnya, anda harus selalu siap dan menguasai tata cara mengajar dikelas.

Metode Mengajar

Cara Menjadi Guru yang Dicintai Murid

  1. Metode Pengajaran

Untuk poin ke enam ini, anda masuk kedalam teknis cara menjadi guru yang dicintai dan menjadi guru idola para murid. Kenapa saya katakan teknis, karena selain anda berusaha menarik simpati, anda juga melakukan pekerjaan anda yaitu mengajar murid-murid anda. Selain berusaha memperbaiki diri, anda juga harus memperbaiki metode pengajaran anda. Jangan Cuma searah dalam menyampaikan pelajaran, anda dapat menyisipkan candaan-candaan atau cerita lucu maupun inspiratif agar membuat murid anda merasa fresh kembali dan merasa nyaman dengan metode mengajar anda. Ketika metode mengajar anda dirasa tidak menyenangkan, hal tersebut merupakan salah satu karakter guru yang tidak disukai siswa.

  1. Cerdas Membaca Situasi

Melengkapi poin kelima, yang dimaksudkan pintar membaca situasi disini adalah ketika anda mengajar dan menemui keadaan dimana murid anda tidak dapat fokus terhadap pelajaran yang anda sampaikan, anda harus mengembalikan fokus mereka lagi. Untuk itu cari tahu apa penyebab kenapa murid anda tidak dapat berkonsentrasi. Setelah anda dapat menemukan penyebab murid anda tidak fokus, maka anda tidak boleh secara sembarangan dalam menanganinya. Contohnya, jika penyebab kurang fokusnya murid anda karena ada teman yang meninggal, jangan bertindak sembarangan dengan cara menceritakan hal lucu untuk memperbaiki mood mereka, sebaliknya anda dapat memilih cerita yang informatif ataupun inspiratif.

  1. Aktif dan Kreatif

Anda tidak akan dapat dicintai dan disayangi murid-murid anda apabila anda tidak mencoba mendekat kepada mereka. Salah satu cara mendekatkan diri kepada mereka adalah dengan mengikuti kegiatan mereka. Anda dapat menjadi Pembina ekskul di sekolah anda, semakin besar ekskul yang anda bina, maka akan semakin mudah anda mendapatkan kesan yang positif .

  1. Berkontribusi terhadap Prestasi Sekolah

Jangan cuma menjadi pembina ekskul, namun anda juga harus berusaha untuk meraih prestasi dari ekskul yang anda bawahi. Dengan meraih prestasi, anda telah membuktikan bahwa anda merupakan guru yang kompeten dan memiliki kemampuan sehingga sangat pantas untuk dicintai dan disayangi. Selain itu, anda juga akan menjadi guru yang disegani

  1. Pengertian

Disini anda harus dapat mengerti kepentingan murid-murid anda, katakanlah ada murid yang nakal, sebagai guru yang baik anda tidak boleh langsung memarahi dan memberikan judgement dari satu arah pemikiran. Anda harus dapat mengerti kenapa murid itu sampai berbuat salah, dengan hal tersebut anda akan menciptakan kasih sayang dari murid kepada anda.

Baca Juga:

  1. Menjadi murid

Menjadi murid bukan berarti anda harus duduk bersama murid anda dan mendengarkan guru lain menyampaikan pelajaran. Maksud dari menjadi murid adalah anda harus dapat memposisikan diri anda sebagai murid, sehingga anda dapat mengetahui apa yang dibutuhkan murid anda anda juga akan tahu tentang ciri guru yang disukai siswa.

Untuk anda yang berprofesi sebagai guru, beberapa cara diatas dapat anda coba untuk menarik simpati murid-murid anda disekolah agar mereka dapat mencintai anda. 11 Cara Menjadi Guru yang Dicintai Murid dapat anda tambah dan sempurnakan sesuai pengalaman dan pengetahuan anda.

Pada dasarnya jangan pernah merasa puas dengan apa yang anda miliki saat ini, teruslah mencoba dan berusaha maju untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Seorang guru tidak akan disorot dari harta dan kekayaannya, seorang guru akan dinilai berhasil ketika memiliki attitude yang baik, cerdas dalam menyampaikan pelajaran, memiliki prestasi dalam membangun dunia pendidikan dan juga berhasil mencerdaskan bangsa.

Selain itu profesi sebagai seorang guru merupakan pekerjaan yang sangat amat membanggakan. Saya teringat akan sebuah kalimat yang sangat menginspirasi untuk anda yang berprofesi sebagai guru. “Satu orang tekun akan menciptakan dan dapat menjadi orang sukses, namun satu orang guru akan menciptakan banyak orang sukses”. Jayalah selalu para pendidik, semoga jasa kalian dapat lebih memajukan bangsa dan Negara. Terimakasih atas kunjungan anda ke alamat web Dewa Surat.com ini.

Pencarian Paling Populer :

/* */