Contoh Paragraf Persuasif

Contoh Paragraf Persuasif


Contoh Paragraf Persuasif Berisi Ajakan – Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, terdapat berbagai macam jenis paragraf yang digunakan untuk menyampaikan maksud yang berbeda. Salah satunya adalah paragraf persuasif yang secara khusus digunakan untuk mengajak pembacanya mengikuti hal yang disampaikan pada paragraf tersebut. Disadari atau tidak, sebenarnya Anda sudah sering membaca contoh paragrafpersuasif. Namun, karena tidak memahami pengertian dari paragraf ini, terkadang Anda mengabaikannya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan tentang pengertian dan contoh dari paragraf yang berisi ajakan ini. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tujuan utama menggunakan paragraf ini adalah untuk mengajak pembacanya tentang suatu hal. Namun, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan seorang penulis yang ingin menyampaikan ajakannya. Hal-hal tersebut adalah penggunaan kata “ayo”, “mari”, atau kata ajakan lainnya. Selain itu, paragraf ini juga dilengkapi dengan fakta yang akan semakin mempengaruhi para pembacanya.

Untuk menyampaikan ajakannya, seorang penulis harus dapat memilih kata yang tepat agar pembaca tidak merasa dipaksa untuk mengikuti. Paragraf ini berbeda dengan kalimat perintah yang secara langsung memerintahkan suatu perbuatan. Pasalnya, pada paragraf persuasif, pembaca akan diajak dengan menggunakan kata atau kalimat berupa himbauan. Agar Anda lebih memahami maksudnya, akan dilampirkan contoh paragraf persuasif di bawah ini.

Bulan Oktober hingga Maret diketahui sebagai musim penghujan di Indonesia. Namun kenyataan, beberapa waktu terakhir ini seolah-olah menunjukkan fenomena yang berlawanan. Banyak orang yang mengeluhkan udara panas dan kekeringan pada waktu dimana seharusnya terjadi hujan. Hal ini terjadi akibat adanya fenomena pemanasan global atau yang lebih dikenal dengan istilah Global Warming. Fenomena ini terjadi karena banyak hutan yang ditebangi secara sembarangan tanpa adanya upaya penanaman kembali. Selain itu, kebiasaan membuang sampah tidak pada tempatnya juga menjadikan bumi semakin tidak ramah pada penghuninya. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan ini, kita harus berupaya menjaga kelestarian lingkungan mulai dari hal yang sederhana seperti membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya dan hindari penyebab kebakaran hutan.

Baca Juga :

Itu adalah contoh paragraf persuasif untuk menjaga lingkungan. Paragraf ini juga bisa digunakan untuk berbagai ajakan lainnya seperti ajakan untuk memberantas korupsi dan lain sebagainya.

Pencarian Paling Populer :

/* */