Contoh Paragraf Induksi

Contoh Paragraf Induksi yang Menggunakan Pola Generalisasi
Contoh Paragraf Induksi yang Menggunakan Pola Generalisasi

Contoh Paragraf Induksi yang Menggunakan Pola Generalisasi – Paragraf induksi adalah jenis paragraf yang memiliki sistem penulisan dengan menjelaskan hal khusus dan selanjutnya diakhiri dengan penjelasan umum. Contoh paragraf induktif dapat ditemui pada paragraf analogi, paragraf argumentasi yang memiliki pola khusus-umum, dan paragraf generalisasi. Pada artikel ini akan dijelaskan berbagai hal terkait dengan paragraf induksi, seperti pengertian dan contohnya. Bagian pertama akan dijelaskan tentang pengertian dari paragraf induksi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pola penulisan pada paragraf ini adalah khusus-umum. Penjelasan yang merupakan hal khusus tersebut adalah penjabaran dari hal umum yang disebutkan pada akhir paragraf. Hal umum yang terletak pada akhir paragraf ini disebut sebagai kalimat utama atau gagasan pokok dari keseluruhan isi paragraf.

Paragraf induksi merupakan paragraf yang memiliki pola kebalikan dari paragraf deduktif. Jika pada paragraf deduktif Anda dapat dengan mudah menemukan kalimat utama yang terletak pada awal kalimat. Maka pada paragraf induktif untuk menemukan kalimat utamanya terlebih dahulu Anda harus membaca isi paragraf tersebut secara keseluruhan. Untuk dapat membedakan kedua jenis paragraf tersebut, berikut ini akan dilampirkan contoh paragrafinduktif.

Suku Batak memiliki ciri khas dengan Tarian Tor-tornya. Suku Jawa memiliki ciri khas gamelan sebagai alat musik tradisionalnya. Suku Betawi memiliki ciri khas dengan kemampuan berpantun dalam setiap acara khususnya saat perayaan pesta pernikahan. Suku Minang memiliki ciri khas makanan tradisionalnya yang menggunakan banyak rempah dan bercita rasa pedas. Itulah beberapa suku yang terdapat di Indonesia dengan ciri khasnya masing-masing. Namun, walaupun memiliki perbedaan, berbagai suku di tanah air tetap bisa bersatu sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Hal ini selaras dengan ungkapan Bhineka Tunggal Ika yang artinya walaupun berbeda-beda namun tetap satu jua.

Baca Juga :

Seperti yang terdapat pada paragraf di atas, penjelasan khusus berupa penjabaran tentang berbagai macam suku yang terdapat di Indonesia. Kemudian penjelasan umumnya adalah kalimat yang menyatakan bahwa walaupun berbeda namun tetap bersatu sebagai bangsa Indonesia. Demikianlah salah satu contohparagraf induktif yang menggunakan pola generalisasi.  

Pencarian Paling Populer :

/* */