Contoh Paragraf Analogi Dengan Pola Khusus-Umum


Contoh Paragraf Analogi dengan Pola Khusus Umum –  Disadari atau tidak, sebenarnya saat Anda berbicara atau menyampaikan pendapat terkadang terselip ungkapan pembanding. Ungkapan ini disebut analogi dalam Bahasa Indonesia. Pastinya Anda sudah sering mendengar istilah analogi. Namun, apakah Anda paham bagaimana cara membuat ungkapan yang berisi analogi untuk menyampaikan maksud pembicaraan Anda dengan tepat? Berikut ini akan dijelaskan tentang contoh paragraf analogi yang memiliki pola penulisan khusus-umum. Sebelum dibahas lebih lanjut tentang contohnya, terlebih dahulu akan dibahas tentang pengertian dari paragraf ini. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa paragraf tersebut memiliki pola penulisan khusus-umum atau disebut juga dengan istilah induktif. Paragraf ini ditulis dengan membandingkan dua hal yang berbeda namun memiliki beberapa kesamaan yang pada akhirnya dapat ditarik sebuah kesimpulan.

Hal yang menunjukkan kekhususan pada paragraf analogi adalah penjabaran dari dua hal yang berbeda. Sedangkan hal umum yang terdapat pada paragraf ini adalah kesimpulan akhir yang didapat dari dua hal khusus yang sebelumnya dijabarkan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda akan menulis paragraf analogi, di antaranya carilah dua hal yang berbeda namun memiliki kesamaan dalam hal keadaan atau proses. Jangan bandingkan dua hal yang tidak memiliki kesamaan dalam hal apapun, dan letakanlah kesimpulan pada akhir paragraf. Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah contoh paragrafanalogi berikut ini.
Batu adalah benda yang sangat padat dan keras. Hal ini pastinya disetujui oleh banyak orang karena memang faktanya seperti itu. Namun jika diperhatikan lebih teliti, sekalipun batu sangat padat dan keras, apabila terkena tetesan air terus menerus pastinya batu tersebut akan rapuh dan akhirnya akan hancur juga. Hal ini sama halnya dengan proses belajar yang nampaknya sangat sulit untuk dijalani, namun jika Anda tekun pada akhirnya akan ada hasil yang nyata dari perjuangan belajar yang sudah dilakukan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hal yang diinginkan, Anda harus melaluinya dengan proses yang tidak cepat sehingga diperlukan kesabaran dan tekad yang kuat.

Baca Juga :

Itulah salah satu contoh paragraf analogi yang bisa Anda jadikan acuan. Untuk pemahaman Anda tentang jenis paragraf ini, cobalah untuk membuat satu contoh yang berbeda.    

Pencarian Paling Populer :

Contoh Paragraf Analogi Dengan Pola Khusus-Umum | admin | 4.5