Pengertian Surat Resmi Lengkap, Fungsi, Jenis dan Ciri-ciri Dari Surat Resmi

Pengertian Surat Resmi Lengkap, Fungsi, Jenis dan Ciri-ciri Dari Surat Resmi

Pengertian Surat Resmi Lengkap, Fungsi, Jenis dan Ciri-ciri Dari Surat Resmi – Artikel kali ini akan membahas mengenai pengertian surat resmi lengkap, fungsi, jenis, dan ciri-ciri dari surat resmi tersebut. Surat resmi merupakan surat yang digunakan dalam kondisi dan situasi resmi serta dibuat sesuai dengan aturan-aturan tertentu. Fungsi dari surat resmi salah satunya adalah untuk bukti tertulis atau bukti otentik yang isinya dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk memahami tentang pengertian surat resmi lengkap,fungsi, jenis, dan ciri-ciri dari surat resmi, dapat dilihat pada contoh berikut:

WALIKOTA SLEMAN
Sleman, 8 Januari 2016
Nomor              : SU/0980/89/Sleman/2016                                 Kepada Yth.
Lampiran           : 1 Berkas                                                         Kepala OPD
Perihal              : Gerakan Nasional Penghematan                     Kota Sleman
Bahan Bakar Minyak (BBM)                            di –
                                                                      tempat

SURAT EDARAN
Sesuai dengan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pengendalian Penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Kebijakan Pemerintah tentang Pelaksanaan Penghematan Energi Nasional dan serta menindaklanjuti keputusan Rapat Koordinasi dan Rapat Pembahasan pada 4 Januari 2016 dan 6 Januari 2016, maka perlu dilakukan upaya untuk mendukung Penghematan Energi Nasional di Tingkat Pemerintahan Kota Sleman.

Berdasarkan hal tersebut, diminta kepada Saudara/i hal-hal sebagai berikut:

1.     Pemegang kendaraan Dinas yang ada di lingkup kerja masing-masing untuk tidak menggunakan jenis bensin (Gasoline) Ron 88 / BBM bersubsidi.

2.     Seluruh Aparatur Pemerintah Kota Sleman di lingkup kerja masing-masing pada setiap hari Rabu dan Jumat untuk tidak menggunakan kendaraan Dinas roda empat, kecuali untuk pelayanan operasional publik dan perjalanan Dinas dalam dan luar kota.

Demikian disampaikan untuk dipedomani dan dilaksanakan.

WALIKOTA SLEMAN
MUHAMMAD RIDWAN
Tembusan:

Kepada Yth       : 1.  Menteri ESDM Republik Indonesia
2.   Gubernur D.I. Yogyakarta
3.   Ketua DPRD Kota Sleman
4.   Unsur Muspida  Kota Sleman

Surat edaran di atas adalah salah satu contoh surat resmi. Adapun jenis-jenis surat resmi lainnya meliputi surat keputusan, surat permohonan, surat undangan, surat kuasa dan surat perintah. Sedangkan beberapa ciri-ciri yang terlihat adalah adanya kop/kepala surat, sistematikanya dibuat baku sesuai dengan aturan surat resmi, terdapat nomor dan lampiran, serta adanya stempel jika merupakan surat dari instansi tertentu. Itulah sedikit informasi dan pembahasan tentang pengertian surat resmi lengkap, fungsi, jenis, danciri-ciri. Semoga bermanfaat.

Silahkan Baca Juga : 


Pencarian Paling Populer :

/* */