Contoh Wawancara (Interview) Kerja dan Jawabannya yang Tepat


Contoh Wawancara (Interview) Kerja dan Jawabannya yang Tepat – Bagi pelamar kerja, lolos dalam tahapan seleksi administrasi yang dilanjutkan dengan seleksi wawancara akan memberikan peluang yang besar untuk diterima pada pekerjaan yang dituju. Namun, banyak yang menganggap tahapan wawancara tersebut sebagai hal yang menakutkan karena diterima atau tidaknya seorang pelamar biasanya dipertimbangkan dari jawaban wawancara yang diberikan. Untuk memberikan gambaran proses wawancara, berikut ini akan diberikan beberapa contohwawancara (Interview) kerja dan jawabannya. Memberikan jawaban yang tepat, selain akan menambah poin penilaian, juga akan memberikan gambaran umum terkait karakteristik Anda. Hal ini penting diberikan agar pewawancara dapat mempertimbangkan apakah Anda benar-benar cocok dengan pekerjaan yang ditawarkan atau tidak.

Pertanyaan pertama yang lazim ditanyakan saat wawancara adalah apakah yang Anda ketahui tentang perusahaan ini? Untuk menjawab pertanyaan ini, terlebih dahulu Anda harus mencari informasi tentang perusahaan tersebut. Pastikan informasi didapatkan dari sumber yang terpercaya sehingga tidak menjadi bumerang bagi Anda saat menjalani wawancara. Contoh wawancara (Interview) kerja dan jawabannya yang bisa Anda berikan untuk menjawab pertanyaan ini adalah Perusahaan ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang konsultan yang memberikan pelayanan kepada klien terkait jasa pemasaran. Jawablah pertanyaan tersebut dengan tidak berbelit-belit, namun pas dan sesuai.

Pertanyaan kedua yang sering kali membingungkan pelamar kerja saat proses wawancara adalah alasan perusahaan ini harus mempekerjakan Anda? Jika Anda mendapatkan pertanyaan ini, maka jawablah dengan tegas dan optimis, namun tidak berlebihan. Jelaskanlah bahwa kelebihan yang Anda miliki sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Contoh jawaban yang dapat Anda berikan adalah Saya adalah pribadi yang senang mempelajari hal-hal baru dan latar belakang pendidikan yang saya miliki sangat cocok dengan bidang pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan ini. Contoh wawancara (Interview)  kerja dan jawabannya yang terakhir adalah apakah ada pertanyaan untuk saya? Maksud pertanyaan ini apakah pelamar kerja tersebut memiliki pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada pewawancara. Banyak yang menganggap pertanyaan ini sebatas basa-basi. Namun, lebih dari itu, pertanyaan ini ditujukan untuk mengetahui antusias pelamar kerja tersebut terhadap pekerjaan. Jadi, jangan sungkan untuk menanyakan sesuatu terkait dengan mekanisme pekerjaan di perusahan tersebut.

Silahkan Baca Juga : Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Lamaran Kerja Agar Diterima

/* */