Contoh Surat Laporan yang Berisi Aduan Kepada Polisi

Contoh Surat Laporan yang Berisi Aduan Kepada Polisi
Contoh Surat Laporan yang Berisi Aduan Kepada Polisi – Polisi adalah aparat penegak hukum yang berwenang untuk menghukum seseorang apabila terbukti melakukan pelanggaran hukum. Tapi polisi tidak bisa serta merta melakukan penangkapan terhadap seseorang jika tidak dilengkapi dengan bukti yang valid. Salah satu bukti yang dibutuhkan oleh Polisi adalah adanya surat aduan. Namun, sampai saat ini masih banyak orang yang tidak mengerti bagaimana format surat aduan yang benar. Berikut ini akan dijelaskan tentang format contoh surat laporan terkait aduan yang ditujukan kepada pihak Kepolisian. Melalui surat aduan pihak Kepolisian selanjutnya dapat memprosesnya menjadi keterangan pemanggilan kepada pihak yang diadukan. Berikut contoh lengkapnya.
Kepada Yth,
Kapolda Bantul
Di Bantul
Hal       : Delik Aduan Penipuan

Dengan hormat, yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                : Laila
Jenis Kelamin    : Perempuan
Alamat              : Jalan Merdu No. 9, Kasihan, Bantul
No. KTP            : 0327291888027

Melaporkan seseorang dengan keterangan berikut:

Nama                : Watiatun
Jenis Kelamin    : Perempuan
Alamat              : Jalan Adem No 15, Kasihan, Bantul

Sdri Watiatun telah melakukan penipuan dengan kedok arisan dan menyebabkan kerugian yang harus saya alami sebesar Rp 7.500.000 (tujuh juta lima ratus ribu rupiah).

Demikianlah surat aduan tindak penipuan ini dibuat dan besar harapan agar kasus ini segera diproses dan saya mendapatkan kembali hak yang semestinya. Saya haturkan terima kasih atas perhatian yang telah diberikan.

Yogyakarta, 20 Juni 2016
Hormat saya,
  Laila
Pelapor
Berdasarkan contoh dan keterangan di atas maka dapat disimpulkan bahwa contoh surat laporan yang berisi aduan kepada Polisi haruslah mencantumkan keterangan yang valid agar tidak terjadi kesalahan pemanggilan atau penangkapan. Surat laporan hanya berisi tentang penerima, perihal, identitas pelapor, identitas terlapor, tindak pelanggaran yang dilakukan, dan penutup. Dalam surat aduan kepada pihak Kepolisian bagian penerima berisi Pimpinan Kantor Kepolisian yang dituju. Perihal berisi tentang keterangan pelanggaran yang diadukan.

Identitas pelapor berisi nama, jenis kelamin, alamat, dan nomor KTP. Keterangan tersebut dibutuhkan agar pihak Kepolisian mudah untuk melakukan konfirmasi terkait aduan yang diberikan. Identitas terlapor berisi tentang nama, jenis kelamin, dan alamat. Hal ini digunakan untuk melakukan pengiriman surat panggilan kepada pihak terlapor. Tindak pelanggaran yang dilakukan adalah keterangan pelengkap yang merupakan penjabaran dari perihal yang telah tertulis sebelumnya. Hal terakhir pada contoh surat laporan adalah penutup. Bagian ini berisi tentang tanggal pembuatan surat dan nama terang serta tanda tangan dari pelapor. 

Pencarian Paling Populer :

/* */