Contoh Paragraf Argumentasi Berpola Sebab Akibat

Contoh Paragraf Argumentasi Berpola Sebab Akibat


Contoh Paragraf Argumentasi Berpola Sebab Akibat – Jika Anda membaca surat kabar atau artikel, tidak jarang akan ditemui suatu paragraf yang berisi tentang argumen dari penulisnya. Secara umum, banyak orang yang memahami isi suatu paragraf argumentasi. Namun, jika diminta untuk menjelaskan apa maksud dari paragraf tersebut, dapatkah Anda menjelaskannya? Pada artikel ini akan dijelaskan tentang seperti apa contoh paragraf argumentasi. Ini adalah adalah suatu paragraf penjelasan yang bertujuan untuk meyakinkan pembacanya agar memiliki pendapat yang sama dengan apa yang disampaikan penulis. Paragraf ini diawali dengan pemaparan pendapat dari penulis yang selanjutnya dilengkapi dengan data dan fakta pendukung. Hal ini dibutuhkan untuk memperkuat pendapat yang disampaikan dan secara tidak langsung bisa mempengaruhi pembaca agar yakin dengan pendapatnya tersebut.  Selanjutnya, paragraf argumentasi akan diakhiri dengan kesimpulan dari pendapat dan fakta yang telah dipaparkan.

Paragraf tersebut terbagi menjadi dua pola yaitu pola sebab-akibat dan pola akibat-sebab. Pada pola sebab-akibat, paragraf ini akan diawali dengan penjelasan tentang penyebab terjadinya suatu peristiwa dan selanjutnya diakhiri dengan akibat yang terjadi karena sebab tersebut. Sebaliknya pada pola akibat-sebab akan diawali dengan pemaparan terkait akibat dari suatu hal yang akan dijelaskan pada akhir paragraf. Artikel ini akan fokus pada pola sebab-akibat. Untuk penjelasan lebih lanjut, perhatikan contoh paragraf argumentasi di bawah ini : 

Kemiskinan menjadi suatu permasalahan yang tak kunjung terselesaikan di Indonesia. Berdasarkan data dari Kependudukan Indonesia menyebutkan bahwa jumlah penduduk yang tinggi menyebabkan permasalahan ini tidak menemui solusi terbaiknya. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak dunia yang menempati peringkat keempat setelah India, Cina, dan Amerika Serikat. Jumlah penduduk yang banyak mengakibatkan terjadinya kesenjangan antara jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia dengan jumlah angkatan kerja yang ada. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan kemiskinan, Pemerintah diharapkan bisa menyediakan lebih banyak lapangan pekerjaan.

Silahkan Baca Juga :

Demikianlah penjelasan terkait pengertian dan contoh paragraf argumentasi dengan pola sebab-akibat. Untuk pola tersebut, Anda bisa mencoba untuk menulis paragraf dengan mencari sumber-sumber informasi yang valid. Selamat mencoba.

Pencarian Paling Populer :

/* */