Contoh Surat Dakwaan Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Dakwaan adalah surat yang tujukan pada terdakwa pada suatu kasus, yang dikeluarkan oleh jaksa penuntut umum pada saat sidang dibuka untuk umum. Surat dakwaan ini juga merupakan surat yang menerangkan tentang koronologi kejadian suatu perkara, bisa juga disebut sebagai surat akta yang dibuat oleh jaksa penuntut umum berdasarkan hasil penyidikan. Mengenai tata cara, semua ditaur dalam hokum acara pidana Indonesia atau KUHAP.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Demikian deskripsi singkat tentang surat dakwaan. Untuk lebih jelasnya mengenai isi dan format surat dakwaan, saya sudah menyiapkan contoh surat dakwaan di bawah ini. Well, let’s begin gan…

No. Kejari       : PDM.13/SBY/11/2015                                                    Surabaya, 29 November  2015
Lampiran       : –
Perihal           : Surat Dakwaan
DAKWAAN
          Terhadap seseorang yang bernama                    : Edi Irawan
  
Nama Lengkap                                    : Edi Irawan Jones
Tempat/Tgl Lahir/Umur                       : Surabaya, 10 Oktober 1985
Jenis Kelamin                                     : Laki-laki
Kebangsaan                                       : Indonesia
Tempat tinggal                                   : Jl. Ke Depan No.67 RT 007 / RW 007
Agama                                              : Konghucu
Pekerjaan                                         : Wiraswasta
Pendidikan                                       : SMP
Surat Dakwaan Jaksa Penuntut Umum Nomor : PDM.13/SBY/11/2015 tanggal 29 November 2015, dimana terdakwa melakukan tindak pidana sebagai berikut:
Dakwaan :
            Bahwa ia Terdakwa, Edi pada hari Rabu 26 Oktober 2015 jam 05.00 WIB atau setidak-tidaknya pada bulan Oktober 2015 tak jauh dari kediaman Korban di Jalan Ke Belakang No.2 Surabaya atau setidak-tidaknya disuatu tempat lain dalam daerah hukum Pengadilan Surabaya, bahwa ia Terdakwa telah memperkosa  Korban secara sadar dan tanpa paksaan dari orang lain serta Terdakwa mengetahui dengan jelas bahwa Korban adalah anak dari kakak Terdakwa(Sri Rejeki) :
1.     Sebuah Sarung dan celana dalam berdasarkan hasil Lab No.212/2015 yang diketahui bahwa terdapat sidik jari dan bercak putih yang menyerupai sperma Terdakwa pada alat bukti tersebut serta adanya identifikasi korban mengalami pendarahan parah akibat perbuatan bejat Terdakwa.
2.     Dan berdasarkan hasil olah TKP dan hasil Lab No.212/2015 ditemukan 1 buah terpal yang digunakan sebagai alas.
3.     Dan berdasarkan keterangan dari korban pelapor, barang bukti tersebut benar adanya.
Bahwa bukti-bukti tersebut sesuai dengan berita acara pemeriksaan Laboratorium Forensik No. 484 LAB: For/RSU/20015 tanggal 08 November 2015 yang menyimpulkan bahwa bukti-bukti yang diketemukan tersebut adalah benar Terdakwa yang telah memperkosa korban.
Bahwa perbuatan Terdakwa dapat diuraikan sebagai berikut :
Berawal dari adanya laporan dari Retno (Korban) kepada Penyidik Polres Surabaya, bahwa pada tanggal 26 Oktober 2015 di kawasan Jalan ke depan No.67 Surabaya sekitar Pukul 05.00 WIB Korban berjalan keluar dari rumah dengan tujuan akan menunaikan sholat shubuh di masjid yang berjarak sekitar 150 m dari rumah Korban, ketika di tengah perjalanan yang suasananya sepi, gelap dan dikelilingi oleh  semak belukar, Terdakwa yang tiba-tiba keluar dari semak belukar dan langsung menarik korban ke dalam semak belukar tersebut, tanpa menghiraukan jeritan dan perlawanan Korban, Terdakwa tanpa basa basi, langsung membuka seluruh pakaian Korban dan memperkosa Korban dengan paksa.
Primair
            Bahwa terdakwa Vidin Irawan Jones pada hari Kamis tanggal 26 Oktober 2015 sekitar jam 05.00 WIB dengan sengaja dan direncanakan terlebih dahulu melakukan Tindak Pidana Kesusilaan terhadap Korban dengan cara antara lain :
       Bahwa pada waktu Korban pergi dari rumah pukul 05.00 WIB Terdakwa terlebih dahulu telah mengetahui bahwa Korban sering menunaikan ibadah sholat shubuh di Masjid dekat rumah Korban.
       Bahwa atas keterangan dari Terdakwa (Edi Irawan Jones) telah merencanakan untuk melakukan pemerkosaan terhadap Korban pada dini hari tersebut dimana pada pukul 05.00 WIB terdakwa melancarkan aksinya dengan melihat keadaan sepi, lengang dan tanpa ada orang lain lagi yang berada disekitar TKP;
       Kemudian Terdakwa langsung menarik paksa Korban yang masih berumur 16 Tahun tersebut dan langsung melancarkan aksinya.
       Bahwa akibat dari perbuatan Terdakwa tersebut mengakibatkan cacat mental pada Korban.
       Bahwa setelah melakukan hal tersebut Terdakwa meninggalkan Korban yang tergeletak tidak berdaya dan dan mengalami pendarahan yang sangat parah akibat selaput darah Korban yang robek.  
Sebagaimana diatur dan diancam pidana Pasal 285 dan 286 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan UU No. 35 Tahun 2014 tentang perlidungan anak.
Subsidair
      Bahwa Terdakwa, Edi pada hari Kamis tanggal 26 Oktober 2009 jam 05.00 WIB dengan secara sadar dan jelas mengetahui Retno (korban) adalah anak dari kakak terdakwa yang  tidak lain adalah keponakannya sendiri, yang dalam arti Terdakwa telah mengakibatkan korban menderita cacat mental;
Sebagaimana diatur dan diancam dalam pidana maka perbuatan Terdakwa ini dikenakan pasal 285 dan 286 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan UU No. 35 Tahun 2014 tentang perlidungan anak.
Demikian surat dakwaan ini dibuat dengan ditanda tangani oleh Jaksa Penuntut Umum, Kejaksaan Negeri Surabaya
                                                                                                          
                                                                                             Jaksa Penuntut Umum
                                                                        Sahrul Mubarak, SH
(NIP 2061738)

 Sekian rupanya saya sampaikan mengenai sebuah Contoh Surat Dakwaan ini, semoga dengan informasi yang telah saya sampaikan kepada anda bisa bermanfaat bagi anda dan di terima baik oleh anda yang saat ini sedang membutuhkan nya. terima kasih.

Pencarian Paling Populer :

/* */